Skip to main

5 Tips Membangun Klinik yang Nyaman untuk Pasien

Kepuasan pelanggan merupakan kunci keberhasilan usaha termasuk pada klinik kesehatan. Pasien yang puas akan layanan klinik tersebut akan lebih loyal dan menggunakannya lagi dikemudian hari. Selain itu kepuasan konsumen menjadi tolak ukur dari kesuksesan layanan klinik.

Dalam meningkatkan kepuasan pasien, layanan tidak hanya diberikan optimal namun mendukung kenyamanan setiap pasien itu sendiri. Lalu bagaimana cara membangun klinik yang nyaman bagi pasien? Anda bisa menyimak poin-poin yang ada di bawah ini untuk diimplementasikan!

Aktif Komunikasi

Langkah pertama adalah aktif komunikasi kepada pasien. Komunikasi yang efektif akan mudah untuk melakukan diagnosis atau memenuhi kebutuhan kesehatan pasien. Selain itu mampu memotong durasi tunggu sehingga seluruh pasien dapat memperoleh layanan kesehatan saat itu juga.

Komunikasi ini bisa menggunakan isyarat verbal maupun nonverbal yang terkait dengan kondisi pasien. Semakin bagus komunikasinya maka pasien akan merasa lebih aman, tenang dan nyaman. Sebagai contoh saat melakukan konsultasi agar berjalan lancar antara tenaga medis dan pasien perlu mengupayakan hal berikut:

  • Bertanya lengkap dan jelas kepada pasien guna memperoleh diagnosis yang tepat. Dokter perlu memperjelas bahwa setiap pertanyaan yang diajukan adalah keperluan diagnosis dan memperlancar pengobatan
  • Jelaskan kondisi pasien secara transparan baik kelebihan maupun kekurangan setiap pengobatan
  • Lebih baik gunakan bahasa sederhana dan mudah dimengerti. Apabila kondisi pasien tergolong parah, jelaskan setegas mungkin agar pasien bisa mengetahui tingkat kedaruratan atas kondisinya
  • Anda bisa pula memakai grafis, video atau gambar sebagai media pendukung untuk representasi penyakit tertentu jika perlu
  • Buat ringkasan konsultasi dari keluhan pasien dan jelaskan prosedur pengobatan untuk mempercepat penyembuhan
  • Selain tenaga medis, semua staf di klinik harus mampu ramah kepada pasien tanpa memandang latar belakang mereka. Gunakan bahasa santun dan senyuman sebagai salah satu cara interaksi dengan pasien.

Jaga Lingkungan Klinik agar Tetap Higienis

Thumbnail 2 - 5 Tips Membangun Klinik yang Nyaman untuk Pasien.jpg

Kebersihan menjadi poin penting dalam pengelolaan klinik karena layanan kesehatan harus tetap higienis agar virus atau bibit penyakit tidak semakin menyebar luas. Menjaga kebersihan klinik harus menyeluruh mulai dari permukaan lantai sampai alat bahkan obat sesuai prosedur.

Apabila terjadi kerusakan pada alat segera dilakukan penggantian. Untuk tempat tidur pasien menggunakan lapisan bantal dan kasur berbahan vinyl yang lebih steril dan tidak mudah rusak. Klinik juga harus terbebas dari asap rokok, obat nyamuk bakar , vape dan sejenisnya.

Sisa makanan dan sampah harus dikelola dengan baik begitu pula dengan sampah medis seperti bekas jarum suntik, masker, obat kadaluarsa dan lainnya. Jangan sampai sampah medis ini dipergunakan lagi oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab.

Lakukan pembersihan dua kali dalam sehari dan jaga alat kesehatan tetap steril. Pengelolaan obat harus sesuai prosedur agar obat tidak rusak atau berkurang manfaatnya.

Tanggapi Keluhan Secara Efektif

Tanggapi setiap keluhan yang masuk dengan ramah dan berikan solusi tepat. Keluhan yang tidak tertangani akan membuat pasien tidak nyaman apalagi saat kondisi kesehatannya kurang baik. Bila ada kritik yang membangun jadikan acuan untuk peningkatan layanan di masa depan.

Bila perlu tanyakan kepada pasien kekurangan layanan yang diberikan. Anda bisa menyebarkan kuesioner untuk survey kenyamanan pasien. Sediakan pula layanan customer service tersendiri yang setiap saat bisa menjawab pertanyaan dan memberikan informasi lengkap seputar klinik.

Terapkan Digitalisasi Klinik

Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah menerapkan digitalisasi di klinik, termasuk penerapan Rekam Medis Elektronik (RME). RME adalah Rekam Medis yang dibuat dengan menggunakan sistem elektronik. Sistem ini menjadi gudang penyimpanan informasi elektronik berisi status kesehatan dan pelayanan kesehatan yang diperoleh pasien sepanjang hidupnya.

Sistem digital ini tentunya akan membantu staf, dokter dan tenaga kesehatan untuk mengelola data pasien lebih mudah. Selain itu, pasien juga dapat mengakses data kesehatan mereka, sehingga ketika dibutuhkan, pasien tidak perlu bingung meminta data fisik atau memberikan riwayat kesehatan lagi.

Permudah Pasien Menemukan Anda

Thumbnail 3 - 5 Tips Membangun Klinik yang Nyaman untuk Pasien.jpg

Mudahkan pasien menemukan klinik Anda dengan berbagi informasi secara online. Bangun website khusus untuk klinik dengan rincian data poli yang tersedia serta tenaga medis. Sertakan pula alamat dan Google Maps untuk mempermudah pasien menemukan dimana klinik berada.

Buat akun media sosial khusus klinik yang terdiri atas feed edukasi serta layanan kesehatan. Media sosial ini juga sebagai wadah untuk aktivitas dan pengumuman terbaru seputar klinik. Selain itu bisa pula digunakan sebagai laman interaksi dengan calon pasien.

Dengan menerapkan tips diatas maka pasien akan nyaman selama mendapatkan perawatan. Pasien nyaman dan puas maka akan mudah meningkatkan loyalitas mereka terhadap kebutuhan medis yang Anda sediakan.

Sumber:

Dinkes Babelprov. Komunikasi Efektif Terhadap Perawatan Pasien. 08 Maret 2021 Hipcouch. 8 Ways To Design A Clinic That’d Put Your Patients At Ease!. 7 Februari 2018