Skip to main

Cara Mengatasi Antrian Panjang di Klinik

Tak bisa dipungkiri, antrian panjang di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) termasuk klinik menjadi masalah yang paling umum terjadi. Adanya antrian panjang seperti ini membuat pasien seringkali harus menunggu berjam-jam demi untuk mendapatkan pelayanan medis.

Antrian panjang ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti jumlah tenaga medis yang terbatas hingga kurangnya efisiensi dalam proses administrasi pendaftaran.

Adanya antrian panjang di klinik ini kerap kali membuat staf administrasi dan para tenaga medis merasa bingung hingga kewalahan untuk menanganinya. Tentu, kondisi ini tidak hanya merugikan pasien, tetapi juga dapat mempengaruhi produktivitas klinik.

Untungnya, kini ada berbagai cara untuk mengatasi masalah antrian panjang di klinik. Yuk simak tipsnya!

Cara Mengatasi Antrian Panjang di Klinik

Thumbnail 2 - Cara Mengatasi Antrian Panjang di Klinik.jpg

Masalah antrian panjang di klinik menjadi kekhawatiran karena tentu mengurangi kualitas pelayanan. Tapi, jangan khawatir lagi, Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi antrian panjang di klinik berikut ini:

1. Memberikan Layanan Sesuai Jadwal

Salah satu cara mengatasi antrian panjang di klinik yaitu staf klinik harus memastikan bahwa layanan tidak tertunda. Proses registrasi dan administrasi harus efisien, dan tenaga medis harus siap melayani pasien segera setelah mereka tiba di klinik.

Selain itu, pastikan dokter telah tiba sesuai jadwal atau bahkan sesaat sebelum jadwal praktek dimulai. Dengan begitu, cara ini akan membantu menghindari penumpukan pasien dan keterlambatan dalam penanganan medis.

2. Gunakan Sistem Janji Temu dan Pendaftaran Online

Salah satu cara terbaik untuk menghindari antrian panjang di klinik adalah dengan membuat sistem janji temu dengan dokter sekaligus pendaftaran online. Dengan sistem ini, pasien dapat membuat janji temu dengan dokter secara online melalui WhatsApp, telepon, atau website fasyankes itu sendiri.

Cara ini memungkinkan klinik untuk mengatur jadwal dengan lebih baik, sehingga waktu tunggu dapat diminimalkan. Sistem klinik ini juga akan memberikan manfaat kepada pasien, karena mereka dapat memilih waktu yang paling sesuai dengan jadwal mereka. Mereka tidak perlu datang lebih awal dan menunggu berjam-jam dalam antrian.

Selain sistem janji temu, klinik juga dapat menggunakan sistem pendaftaran online. Dengan sistem ini, pasien dapat mendaftar secara online sebelum datang ke klinik. Mereka dapat mengisi formulir pendaftaran, mengunggah dokumen medis yang diperlukan, dan memberikan informasi yang diperlukan sebelum kunjungan mereka.

3. Sediakan Mesin Antrian

Mesin antrian adalah solusi lain yang efektif untuk mengatasi antrian panjang di klinik. Dengan memberikan fasilitas berupa mesin antrian yang dilengkapi dengan sistem pendaftaran mandiri atau formulir reservasi, akan membantu mengurangi jumlah pasien yang mengantri untuk melakukan pendaftaran.

Dengan lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk pendaftaran dan administrasi, klinik dapat lebih fokus pada pelayanan medis dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Tak hanya itu, menyediakan mesin formulir reservasi yang terhubung dengan mesin pemanggil pasien juga akan membuat pasien tidak lagi merasa bingung mengenai kapan mereka akan mendapat panggilan giliran.

Baca Juga:

Aplikasi Klinik Pintar: Solusi Mengatasi Antrian Panjang di Klinik

_G5A1297.JPG

Melihat adanya permasalahan antrian panjang di klinik, Aplikasi Klinik Pintar hadir sebagai solusi yang dapat memberikan kemudahan dalam mengatasi antrian dengan berbagai fitur, seperti:

1. Fitur Reservasi Online

form reservasi.png

Untuk membantu mengatasi permasalahan antrian panjang di klinik, Aplikasi Klinik Pintar menghadirkan fitur pendaftaran online. Fitur pendaftaran online ini sangat berguna bagi pasien yang memiliki jadwal yang padat atau tidak ingin menghabiskan waktu berjam-jam dalam antrian.

Tak hanya itu, dengan melakukan pendaftaran secara online, ketika pasien tiba di klinik, semua dokumen yang diperlukan pun sudah siap karena sebelumnya pasien telah melengkapi data dirinya sehingga mereka hanya perlu menunggu sebentar pada proses registrasi dan dapat langsung masuk ke dalam proses perawatan medis.

Ini tidak hanya menghemat waktu pasien tetapi juga membantu mengurangi beban administrasi klinik.

2. Aplikasi Klinik Pintar Hadirkan Fitur Kelola Jadwal Dokter

Jadwal praktik.png

Salah satu hal penting yang tak boleh dilewatkan yaitu memastikan jadwal praktek dokter selalu update. Cara ini dilakukan untuk menghindari antrian yang tak perlu dan menghindari kekecewaan pasien kepada pelayanan klinik.

Misalnya saja ketika pasien ingin melakukan pengobatan dengan dokter gigi A, Ia melihat pada sistem klinik bahwa dokter gigi A melakukan praktek di hari Selasa. Tetapi saat waktu pengobatan tiba, dokter A tidak mengadakan praktek karena harus cuti. Hal ini terjadi karena klinik tidak menerapkan update pada jadwal praktek dokter.

Nah dengan Aplikasi Klinik Pintar, Anda bisa menghindari masalah ini karena Aplikasi Klinik Pintar menghadirkan fitur untuk mengelola jadwal dokter. Bagi dokter yang tidak melaksanakan praktek atau sedang cuti, dokter atau admin klinik bisa langsung mengatur jadwal cuti dokter, sehingga nantinya pada menu reservasi atau pendaftaran online, tidak ada jadwal dokter yang bisa di booking.

Dengan begitu, tak ada lagi permasalahan miss communication antara pasien dengan klinik.

3. Sistem Antrian

_G5A1192.JPG

Aplikasi Klinik Pintar juga menyediakan sistem antrian per poli yang mana dapat membuat proses pelayanan pasien menjadi lebih efektif dan efisien. Sistem antrian ini bukan berbasis cetak no. antrian, melainkan berupa tampilan antrian yang bisa di pasang di smart TV ruang tunggu pasien milik klinik.

Tidak hanya itu, sistem antrian juga dilengkapi dengan fitur “pemanggilan pasien” yang akan bekerja sebelum pasien memasuki ruang konsultasi untuk bertemu dengan dokter/tenaga kesehatan.

Yuk segera beralih dengan menggunakan sistem klinik untuk mendapatkan kemudahan dalam mengelola klinik, sehingga masalah antrian panjang klinik pun bisa diatasi dengan lebih baik.