Skip to main

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Membuka Klinik Baru

Klinik merupakan salah satu jenis fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan layanan medis dasar maupun spesialistik yang di mana dalam operasionalnya, klinik dapat diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, badan hukum/usaha atau perorangan.

Dalam membangun sebuah klinik, keberhasilan tidak hanya bergantung pada pengetahuan medis dan keahlian praktisi kesehatan di dalamnya. Apabila Anda berniat untuk membuka klinik baru, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan agar bisnis klinik Anda dapat berjalan dengan lancar dan meraih kesuksesan yang diinginkan.

Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum membuka klinik baru, mulai dari perizinan hingga strategi pemasaran klinik.

1. Menentukan Target Pasar

Sebelum membuka klinik, Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang siapa target pasar Anda. Apakah Anda akan fokus pada pelayanan kesehatan umum atau justru fokus pada pelayanan kesehatan spesialis tertentu, seperti klinik spesialis ibu dan anak, klinik spesialis saraf, klinik spesialis paru, atau jenis klinik lainnya.

Identifikasi siapa calon pasien Anda, termasuk usia, jenis kelamin, latar belakang sosial, dan masalah kesehatan yang paling sering mereka hadapi.Setelah Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang target pasar Anda, Anda dapat melakukan strategi pemasaran klinik yang lebih efektif.

2. Lokasi Strategis

Lokasi adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan membangun sebuah klinik. Anda perlu memilih lokasi yang strategis dan mudah diakses oleh target pasar Anda.

Selain itu, pastikan lokasi klinik Anda memiliki parkir yang memadai dan fasilitas transportasi umum yang baik. Jangan lupa untuk pertimbangkan juga faktor lingkungan sekitar. Apakah lingkungan tersebut mendukung aktivitas klinik Anda? Pastikan tidak ada persaingan yang terlalu kuat di sekitar lokasi yang Anda pilih, kecuali Anda memiliki strategi khusus untuk bersaing.

Baca Juga:

3. Siapkan Seluruh Perizinan Pembukaan Klinik

Seperti halnya bisnis lainnya, membangun sebuah klinik juga membutuhkan izin operasi. Pasalnya, tanpa memenuhi dokumen dan perizinan yang lengkap, seluruh kegiatan operasional tak bisa berjalan dengan baik, bahkan klinik bisa terancam digusur atau ditutup.

Untuk mendirikan dan menyelenggarakan klinik tentu saja harus mendapat izin dari pemerintah daerah kabupaten/kota. Namun syarat untuk mengajukan permohonan izin klinik ada berbagai macam tergantung pada peraturan daerah dimana klinik tersebut akan didirikan.

Dengan adanya izin beroperasi yang lengkap,tentunya selain aman dari masalah penutupan, nantinya hal ini juga akan berdampak positif pada kepercayaan klinik di mata masyarakat.

4. Persiapkan Infrastruktur

Dalam menjalankan sebuah klinik, penting bagi Anda untuk mempersiapkan infrastruktur yang baik dan lengkap. Pastikan Anda memiliki peralatan medis yang diperlukan untuk praktisi klinik, seperti alat diagnostik dan peralatan pendukung lainnya sesuai dengan jenis klinik yang Anda buka.

Selain fasilitas, Anda juga perlu memastikan ruang tunggu, ruang pemeriksaan, dan ruang perawatan pasien memberikan kenyamanan bagi pasien.

Kualitas pelayanan medis dan fasilitas yang memadai akan membantu membangun reputasi klinik yang baik di mata pasien sehingga bukan tidak mungkin pasien yang merasa nyaman berobat di klinik Anda akan berkunjung kembali dan merekomendasikannya ke orang lain.

5. Lakukan Promosi Online & Offline

Promosi adalah kunci untuk mengenalkan klinik Anda kepada masyarakat luas. Untuk itu, Anda perlu melakukan strategi pemasaran klinik. Di era digital seperti sekarang, promosi online sangat lah penting.

Buatlah website resmi klinik yang informatif di dalamnya berisi jadwal ketersediaan dokter dan halaman booking online, harga konsultasi, informasi profil dokter, layanan dan fasilitas yang disediakan klinik, informasi metode pembayaran, serta informasi kontak dan lokasi klinik.

Selain itu, manfaatkan media sosial untuk membangunreputasi klinik dengan cara berbagi informasi dan tips seputar kesehatan. Selain promosi online, jangan lupakan untuk melakukan strategi pemasaran klinik secara offline.

Anda dapat bekerjasama dengan dokter-dokter umum atau spesialis lain untuk merujuk pasien ke klinik Anda. Selain itu, buat brosur, pamflet, atau kartu nama untuk didistribusikan di daerah sekitar klinik Anda. Tawarkan promosi khusus untuk menarik pasien baru. Misalnya, diskon pemeriksaan kesehatan tahunan atau paket layanan kesehatan keluarga.

6. Terapkan Sistem Manajemen Klinik yang Tepat

Manajemen yang baik adalah kunci untuk menjalankan klinik dengan efisien. Salah satu cara untuk mempermudah operasional klinik adalah dengan menggunakan aplikasi klinik. Aplikasi klinik dapat membantu Anda mengelola janji temu pasien, rekam medis, dan administrasi klinik secara lebih efisien.

Dengan aplikasi klinik, Anda dapat menghindari kesalahan administrasi yang dapat merugikan pasien dan praktisi Anda. Selain itu, Anda dapat menghemat waktu dalam proses administratif sehingga dapat lebih fokus pada pelayanan pasien.

Pastikan Anda memilih aplikasi klinik yang sesuai dengan kebutuhan klinik Anda dan memberikan pelatihan kepada staf Anda untuk menggunakannya dengan baik.

Aplikasi Klinik Pintar Wujudkan Klinik Impian Anda

Untuk membantu mendukung manajemen operasional klinik, diperlukan sebuah sistem informasi klinik. Sebagai penyedia sistem klinik, Aplikasi Klinik Pintar hadir untuk memudahkan operasionalisasi klinik dan memaksimalkan pelayanan kesehatan di klinik Anda secara digital.

1. Klinik Pintar Menghadirkan Aplikasi Klinik untuk Membantu Operasional Klinik Anda

body image - Aplikasi Klinik Pintar Wujudkan Klinik Impian Anda.jpg

Tak hanya menawarkan kemudahan penggunaan, Aplikasi Klinik Pintar juga memiliki berbagai fitur unggulan, seperti rekam medis elektronik, tersedia fitur reservasi online, berbagai sistem pembayaran, sistem antrean, rujukan, fitur hasil laboratorium, dan berbagai fitur unggulan lainnya.

Dari Aplikasi Klinik Pintar ini, Anda akan mendapatkan sejumlah keunggulan yang di antaranya:

  • Aplikasi Klinik Pintar berbasis web sehingga klinik Anda tidak perlu melakukan instalasi
  • Mitra Klinik selalu mendapat versi terbaru dari aplikasi secara otomatis
  • Di awal penggunaan, semua pengguna Aplikasi Klinik Pintar akan mendapatkan dukungan awal berupa satu kali training online selama 2 (dua) jam untuk semua modul penggunaan aplikasi.
  • Apabila Mitra Klinik masih membutuhkan tambahan, Klinik Pintar menyediakan layanan extra support untuk bimbingan yang lebih intens dan mendalam seputar penggunaan aplikasi.
  • Klinik Pintar akan membantu migrasi & setup master data seperti data pasien, data rekam medis, data inventori, dan data lainnya yang dibutuhkan untuk menjalankan pelayanan klinik Anda
  • Klinik Pintar juga menyediakan berbagai layanan tambahan berbayar, mulai dari integrasi BPJS, Integrasi SATUSEHAT, hingga bimbingan akreditasi

2. Klinik Pintar Menghadirkan Program Kemitraan Pengembangan Usaha

Selain menyediakan aplikasi klinik untuk memudahkan operasional, Klinik Pintar juga menghadirkan program kerjasama layanan dan pengembangan usaha untuk membantu klinik menyediakan pelayanan kesehatan terbaik bagi pasien.

Adapun manfaat kemitraan yang bisa Anda dapatkan di antaranya:

  • Peningkatan standar fasilitas dan infrastruktur klinik sesuai kebutuhan sebagai upaya penyediaan pelayanan berkualitas
  • Memenuhi standar akreditasi klinik, Kredensial BPJS dan perizinan sesuai dengan permenkes 14 tahun 2021
  • Pengelolaan operasional klinik yang mencakup pelaksanaan dan monitoring layanan harian, pengembangan bisnis (penjualan dan pemasaran), pengelolaan kapitasi BPJS, manajemen P&L, manajemen utilitas, manajemen SDM, service excellences, pelatihan dan pengembangan medis
  • Digitalisasi sistem operasional klinik: End-to-end Clinic Operating System (OS) untuk mengoptimalkan operasional klinik dan menghubungkan dengan pasien dan ekosistem pendukung
  • Pengembangan layanan lab, spesialis, dan layanan lanjutan

3. Klinik Pintar Membantu Manajemen Stok Obat Melalui Farmasi Pintar

Bagi Anda yang menyediakan layanan apotek di klinik dan kesulitan dalam mengelola stok obat maupun alat kesehatan, Klinik Pintar menghadirkan Farmasi Pintar yang dapat membantu pengadaan obat dan alat kesehatan di klinik Anda dengan produk berkualitas, proses pengadaan yang mudah, dan integrasi stok di sistem.

Setiap pembelian produk obat dan alkes di Farmasi Pintar, Anda akan mendapatkan keuntungan berupa:

  • Setiap pembelian alkes maupun produk obat akan otomatis muncul sebagai stok inventori pada modul inventori di Aplikasi Klinik Pintar. Hal ini membantu Anda melakukan manajemen stok obat lebih mudah karena sudah terintegrasi dengan sistem aplikasi Klinik Pintar
  • Farmasi Pintar menyediakan obat dan alat kesehatan berkualitas dan memenuhi standar yang ditetapkan oleh Instansi terkait seperti BPOM dan Kementerian Kesehatan (Kemkes) serta terjamin keasliannya
  • Dengan menggunakan Aplikasi Klinik Pintar dan memesan alkes di Farmasi Pintar, Anda jadi lebih mudah mengecek stok obat dan alkes. Karena semua inventori bisa tercatat dalam Aplikasi Klinik Pintar
  • Farmasi Pintar memberikan jaminan retur setelah pembelian sesuai faktur, namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Adanya jaminan ini bisa mencegah resiko kerugian yang dihadapi faskes di masa depan

Kini Anda tak perlu khawatir untuk membangun klinik baru, karena Klinik Pintar hadir dengan berbagai layanan yang siap membantu Anda untuk mengatasi berbagai permasalahan manajemen dan operasional klinik Anda.