Skip to main

Halaman Penting yang Wajib Ada pada Website Klinik

Dalam era digital yang semakin berkembang, pemanfaatan teknologi di berbagai bidang kehidupan tak bisa dihindari. Begitu pun dengan kegiatan di bidang kesehatan yang semakin mengintegrasikan teknologi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Salah satu bentuk implementasi teknologi yang semakin populer di industri kesehatan yaitu penggunaan website klinik. Website klinik tidak hanya memudahkan manajemen klinik, tetapi juga memberikan kemudahan akses informasi kepada pasien.

Guna memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pasien, fasilitas pelayanan kesehatan perlu memerhatikan berbagai aspek atau halaman penting yang wajib ada dalam sebuah website klinik.

Manfaat Website Klinik

Website klinik adalah platform digital yang memberikan informasi dan layanan kesehatan kepada pasien dan masyarakat umum secara online.

Dengan adanya website klinik, pasien tidak perlu repot-repot datang secara fisik untuk mengumpulkan informasi atau membuat janji temu. Semua informasi dapat diakses dengan mudah melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, atau bahkan smartphone. Ini juga membantu klinik dalam mengelola janji temu dan memberikan layanan yang lebih efisien kepada pasien.

Secara keseluruhan, website klinik memberikan manfaat yang luas untuk semua pihak, baik klinik itu sendiri, tenaga medis, dan pasien.

Bagi klinik, website klinik dapat menjadi media promosi yang efektif dengan jangkauan yang cukup luas. Pasalnya, website klinik dapat memberikan informasi tentang layanan kesehatan yang ditawarkan, mempermudah proses pendaftaran dan jadwal praktek, meningkatkan branding dan reputasi, serta dapat menjangkau pasien baru apabila mengoptimalkan website klinik dengan digital marketing.

Begitu pun dengan dokter atau tenaga medis lainnya, yang mana dapat memanfaatkan website klinik untuk berbagi informasi tentang dunia kesehatan yang berguna bagi pasien dan masyarakat. Informasi ini dapat berupa artikel tips kesehatan, serta penjelasan tentang penyakit dan cara pengobatannya.

Sedangkan bagi pasien, website klinik memiliki manfaat utama untuk memudahkan akses layanan dan informasi kesehatan yang dibutuhkan. Selain itu, adanya portal pasien di website klinik memungkinkan pasien untuk mengakses janji temu dengan mudah.

Halaman Penting yang Wajib Ada Dalam Website Klinik

body image - Halaman Penting yang Wajib Ada pada Website Klinik.jpg

Demi memberikan informasi dan pelayanan kesehatan yang optimal, Anda perlu memerhatikan bahwa sistem klinik yang Anda gunakan telah memuat halaman-halaman penting, seperti:

  • Memuat sejarah atau profil singkat mengenai klinik
  • Informasi profil dokter
  • Mencantumkan jadwal ketersediaan dokter beserta harga konsultasi
  • Memuat informasi fasilitas yang tersedia
  • Mencantumkan informasi lokasi beserta kontak klinik
  • Informasi lengkap terkait promo layanan yang diberikan
  • Mencantumkan informasi metode pembayaran yang dapat digunakan pasien untuk berobat
  • Mencantumkan informasi terkait penjamin apa saja yang bekerja sama dengan klinik seperti BPJS
  • Memuat halaman khusus edukasi bagi pasien klinik seperti blog

Pasalnya, dengan teknologi yang terus berkembang, banyak pasien yang mencari informasi online terlebih dahulu sebelum mengunjungi klinik secara langsung. Mempunyai website yang informatif dan profesional dapat memberikan kesan positif dan modern tentang klinik.

Meski kini telah ada berbagai kecanggihan teknologi, seperti sosial media Instagram, WhatsApp, ataupun Google Places, namun dengan menggunakan website, Anda bisa melakukan strategi marketing secara maksimal hanya dengan satu platform.

Baca Juga: Tips Memilih Sistem Klinik yang Tepat

Gabung Bersama Mitra Klinik Pintar untuk Dapatkan Berbagai Halaman Website Penting

Di era digital seperti saat ini, penggunaan aplikasi sistem klinik dan website klinik merupakan sebuah hal yang wajar ditemukan. Namun, tak semua software klinik yang beredar di pasaran sesuai dengan apa yang klinik Anda butuhkan.

Tanpa sistem klinik yang tepat, tidak mudah menjalankan operasional klinik. Oleh karena itu, penting untuk memilih sistem klinik yang sesuai kebutuhan Anda agar nantinya operasional klinik dapat berjalan dengan lancar.

Tidak harus membuat aplikasi atau software klinik sendiri, untuk memudahkan operasional, Anda dapat bergabung menjadi Mitra Klinik Pintar. Dengan bergabung menjadi Mitra Klinik Pintar, Anda tak hanya mendapatkan sistem klinik Aplikasi Klinik Pintar, namun Anda juga akan mendapatkan website dengan tampilan informasi yang lengkap.

Berbeda dengan aplikasi klinik yang akan membantu memudahkan operasional, adanya website klinik ini justru akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pasien apabila pada setiap halamannya dilengkapi deskripsi produk dengan strategi pemasaran yang mencakup SEO.

Berikut halaman-halaman pada website yang bisa Anda dapatkan dari bermitra bersama Klinik Pintar:

1. Jadwal Ketersediaan Dokter dan Halaman Booking Online

Hal utama dalam membuat website klinik yaitu adanya halaman jadwal ketersediaan dokter, harga konsultasi, maupun halaman booking online, agar nantinya halaman-halaman ini akan membuat pasien lebih mudah untuk membuat janji temu sesuai dengan ketersediaan waktu mereka.

2. Harga Konsultasi

Ketika seseorang mencari layanan kesehatan, salah satu pertimbangan utama adalah biaya yang akan dikeluarkan. Oleh karena itu, website klinik harus memiliki halaman yang menyediakan informasi lengkap mengenai harga layanan dan biaya konsultasi dengan dokter. Ini akan membantu pasien untuk merencanakan anggaran mereka sebelum membuat janji.

Anda tak perlu khawatir perihal ini, karena halaman website yang dikelola Klinik Pintar telah dilengkapi dengan halaman harga layanan dan konsultasi.

3. Informasi Profil Tiap Dokter

Tak bisa dipungkiri, sebelum melakukan pengobatan, beberapa orang pasti akan melakukan pengecekan informasi latar belakang dokter yang akan menanganinya. Untuk itu, halaman profil dokter juga penting dicantumkan dalam sebuah sistem klinik. Profil dokter ini umumnya mengenai pendidikan, spesialisasi, pengalaman, serta sertifikasi dokter yang dimiliki sang dokter.

Adanya halaman profil dokter pada website ini nantinya akan membantu pasien merasa lebih percaya dan nyaman dalam memilih dokter yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Memuat Informasi Fasilitas yang Disediakan Klinik

Halaman penting lainnya yang perlu ada dalam website klinik yaitu halaman yang berisi daftar fasilitas klinik, seperti fasilitas diagnostik, ruang perawatan, layanan darurat, tempat parkir, toilet, mushola, dan lain-lain.

Menyediakan informasi ini akan membantu pasien merencanakan kunjungan mereka dengan lebih baik, terutama jika mereka memerlukan layanan khusus. Dengan bergabung menjadi Mitra Klinik Pintar, Anda akan mendapatkan halaman yang berisi informasi mengenai fasilitas unggulan klinik Anda.

Pada halaman ini, Anda juga bisa memasukkan foto-foto fasilitas dan layanan yang akan “dijual”. Dengan begitu, halaman ini tidak hanya sekadar memberikan informasi ke pasien, namun juga sebagai nilai jual karena mungkin klinik Anda memiliki fasilitas lengkap yang tidak dimiliki klinik lainnya.

5. Informasi Kontak dan Lokasi Klinik

Salah satu halaman penting dalam website klinik yang tak boleh dilupakan yaitu informasi kontak dan lokasi klinik. Adanya informasi ini, tentunya akan memudahkan pasien untuk berinteraksi, mengajukan pertanyaan, atau membuat janji temu melalui website klinik Anda.

Selain memuat informasi kontak, Aplikasi Klinik Pintar juga telah memuat halaman informasi lokasi klinik untuk memudahkan pasien dalam menemukan klinik Anda.

6. Informasi Singkat Mengenai Klinik

Menyertakan informasi singkat mengenai sejarah atau tahun berdirinya klinik dan latar belakang pembentukan klinik juga tak kalah pentingnya. Pasalnya, dengan adanya menu "Tentang Klinik" ini nantinya klinik dapat memberikan rasa kepercayaan kepada pasien. Mereka akan merasa lebih yakin ketika mengetahui klinik Anda memiliki riwayat dan reputasi yang baik.

Terlebih, dalam membuat deskripsi profil klinik para mitra, Klinik Pintar menggunakan strategi SEO, yang mana ini akan menjangkau pasien yang lebih luas.

Baca Juga: Tips Mengelola Klinik dengan Baik

7. Mencantumkan Informasi Metode Pembayaran yang Tersedia di Klinik

Mencantumkan informasi metode pembayaran yang tersedia di klinik juga tak kalah pentingnya. Tujuan adanya halaman ini untuk memudahkan pasien mengetahui opsi pembayaran apa saja yang diterima oleh klinik tersebut, baik itu pembayaran transfer bank, QRIS, asuransi kesehatan, atau bahkan pembayaran tunai.

Selain itu, klinik juga bisa memuat informasi mengenai penjamin apa saja yang bekerja sama dengan klinik, seperti halnya BPJS.

Dengan menyediakan informasi ini, pasien dapat mempersiapkan diri sebelum kunjungan ke klinik.

8. Informasi Promo Layanan Klinik

Promo dan penawaran khusus dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pasien. Dengan adanya halaman ini, klinik Anda dapat menginformasikan promo layanan, diskon, atau paket kesehatan yang sedang berlangsung. Hal ini tidak hanya menguntungkan pasien, tetapi juga dapat meningkatkan kunjungan pasien ke klinik.

9. Halaman Blog untuk Edukasi Pasien

Selain memuat halaman-halaman penting untuk memberikan kemudahan bagi pasien maupun tenaga medis, Aplikasi Klinik Pintar juga memberikan halaman blog yang tujuannya untuk untuk memberikan edukasi kepada pasien mengenai kesehatan. Dengan begitu, adanya halaman blog akan membantu pasien untuk memahami lebih dalam mengenai penyakit, pencegahan, dan perawatan yang diperlukan.

Contoh halaman-halaman website ini bisa Anda lihat di sini. Dengan Aplikasi Klinik Pintar, Anda bisa memenuhi kebutuhan operasional maupun marketing klinik tanpa perlu membuat sistem klinik maupun website tersendiri. Sebab, dengan menjadi Mitra Klinik Pintar, Anda bisa mendapatkan keduanya.

Yuk beralih ke klinik digital bersama Aplikasi Klinik Pintar!