Skip to main

Klinik Pintar Hadirkan Fitur-Fitur untuk Peningkatan Layanan

Sistem klinik digital terbukti membawa banyak manfaat dalam layanan kesehatan. Pemerintah sendiri juga mendukung adanya transformasi digital dalam bidang kesehatan dengan mewajibkan penggunaan rekam medis elektronik yang tertuang dalam Permenkes No.24 Tahun 2022. Dalam mendukung jalannya transisi teknologi digital layanan kesehatan Indonesia, Anda bisa menggunakan aplikasi Klinik Pintar.

Software klinik ini memudahkan operasional klinik mulai dari pengelolaan stok obat, implementasi rekam medis elektronik dengan ICD 10 hingga pendaftaran pasien. Keunggulan lainnya dari Klinik Pintar adalah sudah terintegrasi dengan program pemerintah seperti IHS SATUSEHAT dan PCare BPJS. Aplikasi klinik dokter ini juga bekerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Selain itu ada beberapa fitur terbarunya yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di klinik Anda menjadi lebih baik lagi. Fitur yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Laporan Pendapatan Klinik

Laporan Pendapatan Klinik.jpg

Sumber pendapatan klinik yang utama berasal dari kunjungan dan layanan yang digunakan pasien. Sistem pembayaran layanan kesehatannya bisa menggunakan berbagai metode. Umumnya jenis pembayaran tagihan klinik terbagi atas umum/pribadi dimana pasien bisa langsung membayar ke klinik dan melalui penjamin.

Penjamin disini adalah pihak ketiga yang meng-cover seluruh tagihan seperti BPJS, asuransi kesehatan lainnya, kerjasama dengan instansi yakni perusahaan atau institusi pendidikan dimana pasien adalah anggota dari instansi tersebut (karyawan, guru, siswa dan sebagainya).

Metode pembayaran yang digunakan pasien maupun penjamin ada yang menggunakan uang tunai, debit/credit card, QRIS, transfer dan lainnya. Akibatnya, klinik harus mampu mengatur banyak kantong keuangan sekaligus pelaporannya.

Apabila Anda menggunakan aplikasi Klinik Pintar, fitur laporan pendapatan akan menjawab permasalahan Anda. Seringkali, pemilik klinik bingung dalam mengelola banyaknya kantong pendapatan, mulai dari cash, pribadi, penjamin, hingga rekening). Dengan adanya fitur ini, akan menjadi source of truth informasi pendapatan klinik yang secara otomatis akan membuat laporan pendapatan klinik. User bisa memfilter data berdasarkan tipe penjamin dan metode pembayaran serta mengurutkannya berdasarkan tanggal yang dipilih.

Tidak hanya itu saja, fitur ini bisa membuat laporan pendapatan secara detail setiap harinya. Anda dapat mengetahui transaksi setiap poli, layanan, obat dari setiap pasien bahkan jumlah transaksi, jumlah pasien serta nominal pendapatan. Laporan yang disediakan sistem dapat diunduh dalam bentuk file PDF maupun Excel. Software klinik ini juga menawarkan laporan laba rugi, laporan layanan, laporan komisi serta laporan operasional.

Baca juga: Butuh Bimbingan agar Bisnis Anda Bertumbuh? Yuk, Bergabung bersama Komunitas Tumbuh bersama Klinik

Digitalisasi Dokumen Pasien

Digitalisasi Dokumen Pasien.jpg

Setiap fasilitas kesehatan termasuk klinik memiliki kewajiban menyampaikan hak dan kewajiban pasien maupun keluarga. Usai pemaparan hak dan kewajiban, pasien atau keluarga pasien diminta untuk menandatangani persetujuan hak dan kewajiban lewat formulir informed consent.

Formulir ini akan ditandatangani oleh kedua belah pihak yakni dari pihak klinik dan pasien/keluarga. Dokumen informed consent ini dapat diupload dalam aplikasi Klinik Pintar dengan scan document atau foto dan disimpan pada data pasien terkait. Tidak hanya informed consent saja, aplikasi Klinik Pintar dapat pula menyimpan dokumen lainnya seperti identitas pasien (KTP, KK, kartu BPJS, kartu asuransi), hasil pemeriksaan laboratorium/radiologi (rontgen) dan lainnya.

Selain general consent maupun informed consent, fitur ini juga dapat menjawab permasalahan klinik seputar penggunaan kertas/dokumen fisik yang sering rusak atau hilang. Keunggulan dari digitalisasi dokumen pasien adalah mencegah resiko kerusakan dokumen, data lebih aman karena hanya bisa diakses oleh pihak yang berkepentingan dan lebih rapi. Semua data terkait pasien tersimpan dalam satu blok file dan bisa diprint ulang bilang bukti fisik utamanya hilang.

Fitur ini juga dapat digunakan untuk menyimpan kebutuhan dokumen lain, seperti Identitas Pasien yang meliputi KTP, KK, Kartu BPJS, Kartu Asuransi, hasil pemeriksaan Lab / Radiologi (Rontgen), dan dokumen lainnya.

Inventory

image (3).png

Inventory menjadi bagian penting dalam keberlanjutan operasional pelayanan kesehatan. Khususnya dalam pengelolaan obat dan alat kesehatan yang menunjang kesembuhan pasien. Fitur inventory dalam Klinik Pintar memberikan banyak kelebihan diantaranya adalah:

Pengelolaan Biaya Operasional Lebih Efektif

Dalam pengelolaan biaya operasional, penyesuaian harga jual obat menjadi salah satu faktor signifikan. Perubahan harga berpengaruh pada margin yang dihasilkan klinik sehingga perlu secara bijak dan strategis dalam menyesuaikannya. Klinik Pintar mampu menyesuaikan harga jual obat sesuai kebutuhan dan perubahan pasar.

Merespon Perubahan Pasar

Industri kesehatan terus mengalami perubahan tidak hanya dari sisi regulasi saja melainkan teknologi dan persaingan. Untuk bisa menjaga keberlanjutan bisnis, klinik perlu memahami dinamika pasar seperti merespon kebutuhan pasien, melakukan penyesuaian harga yang tepat dan lainnya. Dengan menggunakan Klinik Pintar menjadi salah satu cara dalam merespon perubahan pasar tersebut.

Klinik Pintar telah bermitra dengan 800+ klinik pengguna dan 2500+ tenaga medis tertentu. Selain terdaftar di PSE Domestik Kemkominfo, aplikasi klinik ini mampu mengoptimalkan layanan kesehatan yang diperlukan oleh pasien.

Memberikan Aksesibilitas Lebih Baik

Klinik Pintar mampu mengurangi beban finansial khususnya membagi beban kerja lebih merata, meningkatkan kepatuhan pasien terhadap pengobatan yang direkomendasikan serta mengelola perubahan harga jual obat secara fleksibel. Aplikasi Klinik Pintar mampu melacak stok obat dengan efisien, mengatur persediaan obat serta memperbaharui harga secara real time.

Software klinik ini mampu memaksimalkan margin Anda sekaligus membangun kepercayaan pasien. Aplikasi kami lebih efisien dalam menyesuaikan harga jual obat sesuai kebutuhan dan perubahan pasar. Klinik Pintar juga telah terstandarisasi dan terintegrasi dengan program pemerintah. Data pasien tersimpan aman, pengelolaan stok dan perubahan harga jual obat dapat diatur fleksibel.

Digitalisasi Klinik Bersama dengan Klinik Pintar

Bukan hanya hadir dengan fitur yang lengkap dan mudah, Aplikasi Klinik Pintar juga memberikan program bebas pakai untuk calon maupun penggunanya hingga Desember 2024. Program bebas pakai ini bertujuan agar para pemilik klinik maupun praktik dokter mandiri terbiasa dalam menggunakan teknologi pada kegiatan operasionalnya.