Skip to main

Lakukan Tips Ini agar Klinik Ramai Kunjungan Pasien

Keberhasilan sebuah klinik bisa diukur oleh berbagai aspek, selain kualitas dan fasilitas, keberhasilan juga dinilai dari sejauh mana klinik tersebut mampu menarik pasien baru untuk datang dan memberikan kepercayaan kepada pasien lama agar terus menggunakan layanan yang diberikan klinik.

Namun, meningkatkan kunjungan pasien memang menjadi tantangan tersendiri. Terlebih jika dalam satu wilayah terdapat banyak klinik dengan fokus pelayanan yang sama. Meski begitu, ada beberapa cara yang bisa Anda persiapkan untuk membuat pasien memilih klinik Anda ketika mereka mengalami masalah kesehatan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat membantu Anda menjadikan klinik Anda ramai dengan kunjungan pasien.

1. Berikan Pelayanan Medis yang Berkualitas

Poin pertama yang tidak boleh diabaikan adalah memberikan pelayanan medis yang berkualitas. Tak hanya perihal kompetensi dan pengalaman, memiliki dokter yang disiplin terhadap waktu juga menjadi kunci utama untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien.

Selain itu, pastikan klinik memiliki peralatan medis dan fasilitas yang memadai. Ini termasuk area tunggu yang nyaman, fasilitas parkir yang cukup, dan peralatan medis yang baik dan terawat.

Fasilitas yang memadai akan memberikan kesan positif pada pasien. Bahkan, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikan klinik Anda kepada teman dan keluarga mereka.

2. Membangun Hubungan Baik dengan Pasien

Tips agar klinik ramai yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menjaga hubungan baik dengan pasien. Pasien yang merasa dihargai dan diperlakukan dengan baik, cenderung akan kembali ke klinik Anda dan bahkan menjadi pasien setia. Berikut beberapa cara untuk membangun hubungan baik dengan pasien:

  • Tunjukkan empati terhadap kondisi pasien dan berikan dukungan moral. Ini akan membantu pasien merasa lebih nyaman di klinik Anda
  • Pastikan komunikasi dengan pasien selalu jelas dan mudah dimengerti. Hindari menggunakan bahasa medis yang sulit dipahami oleh pasien.
  • Jika ada keluhan atau masalah yang timbul, segera tangani dengan baik dan sampaikan tanggapan yang dapat memuaskan pasien.

3. Buat Promo Layanan Secara Online dan Offline

Strategi pemasaran klinik adalah cara efektif untuk meningkatkan kunjungan pasien ke klinik Anda. Anda dapat menggabungkan strategi pemasaran klinik dengan cara online dan offline untuk mencapai hasil terbaik.

Untuk promosi offline, Anda bisa melakukannya dengan cara:

  • Cetak brosur dan poster tentang klinik Anda dan distribusikan di tempat-tempat strategis seperti pusat perbelanjaan, sekolah, dan tempat umum lainnya
  • Menjadi sponsorship untuk berbagai acara seperti lomba lari atau seminar kesehatan untuk meningkatkan visibilitas klinik Anda di komunitas setempat
  • Melakukan kerja sama dengan dokter rujukan untuk meningkatkan kunjungan pasien

Selain melakukan promosi secara offline, di era yang serba digital ini, Anda juga bisa melakukan promosi online dengan cara:

  • Gunakan platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau TikTok untuk berbagi informasi medis, testimoni pasien, dan promo khusus
  • Untuk membangun kepercayaan sekaligus mempromosikan layanan klinik, Anda bisa membuat situs web klinik yang informatif dan mudah dinavigasi. Gunakan situs ini untuk mempromosikan layanan klinik, biaya konsultasi, dan jadwal dokter

4. Berikan Diskon

Diskon dapat menjadi daya tarik yang kuat untuk menarik lebih banyak pasien ke klinik Anda. Anda dapat memberikan diskon untuk berbagai situasi, mulai dari diskon untuk pasien baru, buat program loyalitas yang memberikan diskon kepada pasien setia yang sering mengunjungi klinik, lakukan promo event seperti di Hari Kesehatan Gigi, Anda bisa memberikan diskon kepada pasien untuk menyambut Hari Kesehatan Gigi, dan jika memungkinkan buat kemitraan dengan perusahaan asuransi untuk memberikan diskon kepada pemegang polis mereka.

5. Gunakan Sistem Manajemen Klinik Digital untuk Pelayanan yang Lebih Efisien

Waktu tunggu yang lama adalah salah satu hal yang bisa menimbulkan kekecewaan pasien. Oleh karena itu, pastikan klinik Anda beroperasi dengan efisien, termasuk pelayanan medis yang tepat waktu dan pengurusan administrasi yang cepat.

Untuk memaksimalkan ini semua, Anda bisa menggunakan sistem klinik digital. Namun pastikan sistem klinik memiliki komponen utama, seperti:

  • Fitur Reservasi Online: Kepuasan pasien terhadap pelayanan klinik bisa dilihat dari seberapa baik klinik dalam mengatur proses administrasi yang sistematis. Tanpa adanya fitur reservasi online, tentunya selain menambah beban alur administrasi juga dapat membuat antrian menumpuk. Oleh karena itu, salah satu tips agar klinik ramai, yaitu dengan memastikan klinik Anda menggunakan sistem yang memiliki fitur reservasi online. Dengan begitu, tak ada lagi masalah kekecewaan pasien karena antrian yang menumpuk.

  • Rekam Medis Elektronik: Selain karena mengikuti Peraturan Kementerian Kesehatan yang mewajibkan seluruh fasyankes untuk menerapkan sistem Rekam Medis Elektronik (RME), RME ini juga dapat meningkatkan kunjungan pasien ke klinik. Pasalnya, dengan Rekam Medis Elektronik, tenaga medis akan lebih mudah dalam mencari informasi rekam medis pasien dan tak ada lagi keluhan data hilang atau tercecer, sehingga pengurusan administrasi pun semakin cepat.

Baca Juga: Manfaat Penerapan Rekam Medis Elektronik (RME) untuk Klinik, Pasien, Staf Klinik, dan Dokter

  • Manajemen Persediaan Obat: Untuk klinik yang juga memiliki apotek, sistem klinik yang menyediakan fitur kelola inventori seperti obat dan alat kesehatan juga sangat dibutuhkan. Sebab, selain untuk melacak persediaan obat, fitur ini juga bisa mempermudah proses administrasi. Terlebih jika kedua sistem manajemen obat dan rekam medis saling terhubung.

Baca Juga: Farmasi Pintar, Solusi Pengadaan Obat-obatan dan Alat Kesehatan

Tingkatkan Kunjungan Pasien ke Klinik dengan Aplikasi Klinik Pintar

body image - Tingkatkan Kunjungan Pasien ke Klinik dengan Aplikasi Klinik Pintar.jpg

Sebagai penyedia sistem klinik, Aplikasi Klinik Pintar menghadirkan berbagai fitur yang dapat memudahkan operasional klinik sehingga pasien puas kepada pelayanan yang diberikan klinik Anda.

Dengan begitu, klinik Anda akan ramai kunjungan. Dengan Aplikasi Klinik Pintar, Anda bisa menikmati berbagai fitur seperti:

1. Fitur Reservasi Online

Aplikasi Klinik Pintar menghadirkan fitur reservasi online yang memberikan kemudahan bagi para penggunanya, baik itu dokter, staf administrasi, maupun pasien yang akan melakukan reservasi.

Dengan adanya fitur ini, staf administrasi tidak perlu lagi menginput data karena semua dokumen yang diperlukan sudah diisi terlebih dahulu oleh pasien pada saat melakukan pendaftaran. Tentunya Ini tidak hanya menghemat waktu pasien tetapi juga membantu mengurangi beban administrasi klinik. Anda dapat melihat contoh fitur reservasi di sini.

3. Rekam Medis Elektronik

Pembuatan Pemeriksaan.gif

Demi mendukung digitalisasi pelayanan kesehatan serta mematuhi regulasi Kementerian Kesehatan, Aplikasi Klinik Pintar juga menghadirkan fitur Rekam Medis Elektronik.

Menariknya, RME pada Aplikasi Klinik Pintar dapat mengintegrasikan klinik yang tergabung dalam satu jejaring klinik, sehingga data pasien dan Rekam Medis Elektronik bisa berkesinambungan antar cabang.

4. Fitur Inventori untuk Kelola Obat dan Alat Kesehatan

image (1).gif

Bagi Anda yang masih menggunakan sistem manual untuk kelola stok obat dan alat kesehatan, atau justru menggunakan dua sistem untuk mengatur stok inventori (obat dan alkes) dengan rekam medis pasien, kini Anda tak perlu repot lagi.

Sebab, Aplikasi Klinik Pintar juga memiliki fitur inventori yang dapat memudahkan Anda kelola obat dan rekam medis hanya dengan satu aplikasi saja. Pasalnya, fitur inventori pada Aplikasi Klinik Pintar telah terhubung dengan Rekam Medis Elektronik pasien.

Dengan fitur Reservasi Online, Rekam Medis Elektronik, dan Inventori yang dihadirkan Aplikasi Klinik Pintar, nantinya akan berdampak pada efisiensi administrasi sehingga tak ada lagi masalah keterlambatan pelayanan dan penumpukan pasien di klinik.

Dengan begitu, pasien akan nyaman dan bukan tidak mungkin mereka akan berkunjung kembali ke klinik Anda, bahkan merekomendasikan klinik Anda kepada keluarga maupun teman sehingga nantinya dapat membuat kunjungan pasien akan bertambah.

Tunggu apalagi? Yuk tingkatkan kunjungan pasien ke klinik dengan beralih ke sistem klinik digital bersama Aplikasi Klinik Pintar!