Skip to main

Pentingnya Integrasi Data bagi Fasilitas Kesehatan

Seiring dengan perkembangan zaman, sektor kesehatan mengalami banyak kemajuan. Meski begitu, upaya peningkatan kemajuan sektor kesehatan global masih menghadapi sejumlah tantangan perbaikan. Langkah-langkah inovatif harus terus dilakukan untuk meminimalisir ketimpangan dalam akses layanan kesehatan.

Terlebih angka pemanfaatan pelayanan kesehatan terus meningkat, yang artinya seluruh aspek fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) harus didukung dengan mutu pelayanan dan fasilitas kesehatan yang baik.

Tak hanya itu, dengan permintaan pelayanan kesehatan yang terus meningkat juga mengharuskan fasyankes untuk mengintegrasikan data para pasiennya agar pasien dapat dengan mudah mengakses data rekam medis dengan cepat saat dibutuhkan.

Apa Itu Integrasi Data?

Integrasi data layanan kesehatan adalah komponen penting dari sistem layanan kesehatan dalam memperbaiki efisiensi dan efektivitas pelayanan kesehatan. Integrasi data adalah proses penggabungan data dari berbagai sistem informasi kesehatan yang berbeda-beda menjadi satu kesatuan.

Dengan mengintegrasikan data pada sistem informasi, data pengobatan, riwayat kesehatan hingga rujukan pasien akan sangat mudah diakses karena terhubung dengan satu sistem yang saling terintegrasi dengan layanan atau fitur lainnya.

Manfaat Integrasi Data

body image - Pentingnya Integrasi Data bagi Fasilitas Kesehatan.jpg

Dengan kemajuan teknologi untuk mengintegrasikan data kesehatan, tentunya akan ada dampak positif dan manfaat yang bisa dirasakan oleh fasyankes. Berikut manfaat yang diperoleh fasyankes dari integrasi data kesehatan:

1. Memudahkan Pasien dalam Mengakses Layanan Kesehatan sehingga Kepuasan Pasien Meningkat

Meski telah memiliki banyak cabang di berbagai kota, namun masih banyak fasilitas kesehatan yang tidak memiliki sistem data kesehatan pasien yang terintegrasi. Hal ini tentunya tidak hanya akan menyulitkan para staf dalam pengelolaan rekam medis, namun juga akan menyulitkan pasien dalam mengakses layanan kesehatan.

Oleh karena itu, integrasi data diperlukan bagi bisnis layanan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan agar lebih efektif. Dengan sistem klinik yang terintegrasi, pasien bisa datang ke cabang klinik manapun tanpa khawatir memikirkan ada atau tidaknya data rekam medisnya.

Sebab, klinik yang tergabung dalam satu jejaring klinik atau memiliki klinik cabang dengan sistem terintegrasi dapat memiliki satu database sehingga data pasien dan RME bisa berkesinambungan antar cabang.

Dengan kemudahan akses dan pengelolaan data, tentunya hal ini dapat meningkatkan mutu pelayanan fasilitas kesehatan Anda. Seiring dengan peningkatan mutu layanan, kepuasan pasien pun akan meningkat karena klinik memiliki sistem yang lebih profesional dengan data yang terintegrasi.

2. Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan Klinis

Tak bisa dipungkiri, setiap fasilitas kesehatan tentunya memiliki data kesehatan yang beragam. Pasalnya, setiap kunjungan pasien, dokter maupun perawat akan mencatat riwayat pasien beserta alergi, riwayat kesehatan sebelumnya, dan pilihan pengobatan atau tindakan yang akan dilakukan.

Jika prosedur ini dilakukan dengan metode konvensional atau menggunakan pengelolaan data berbasis kertas, tentunya dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencari dan mengelola data medis.

Namun hal tersebut tidak berlaku jika fasyankes Anda telah melakukan digitalisasi dan mengintegrasikan data pasien dalam satu sistem klinik. Dengan sistem klinik yang terintegrasi, informasi data kesehatan akan terhubung ke semua sistem layanan kesehatan sehingga mempercepat proses layanan karena pasien tidak perlu daftar ulang.

Dengan begitu, integrasi data pat dapat membantu mengoptimalkan pengambilan keputusan klinis dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti human error.

3. Memudahkan Klinik dalam Mengelola Data Pasien

Manfaat integrasi data selanjutnya yaitu memudahkan klinik dalam mengelola data pasien. Bagi klinik yang menjalankan sistem konvensional tanpa rekam medis terintegrasi, mengelola data pasien bisa menjadi tantangan tersendiri.

Selain memakan waktu, dokumen pun kerap kali tercecer hingga mengakibatkan hilangnya data pasien.

Namun dengan digitalisasi dan sistem yang saling terintegrasi, klinik akan lebih mudah mengelola data pasien dan meningkatkan keakuratan data pasien antar cabang jejaring klinik.

Baca Juga: Klinik Pintar Hadirkan Fitur-Fitur Terbaru demi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Aturan dan Keamanan Integrasi Data Layanan Kesehatan

Kementerian Kesehatan telah lebih dulu membuat keputusan melalui Keputusan Kemenkes RI Nomor Hk.01.07/Menkes/133/2023 Tentang Integrasi Data Kesehatan Nasional, bahwa dalam rangka terselenggaranya kebijakan kesehatan berbasis data yang akurat, mutakhir, dan lengkap maka diperlukan integrasi sistem data kesehatan dengan pemanfaatan teknologi informasi. Dalam hal ini, pemerintah menetapkan SATUSEHAT sebagai integrasi data kesehatan nasional.

Untuk mendukung layanan kesehatan yang optimal, Aplikasi Klinik Pintar telah terintegrasi dengan SATUSEHAT Kemenkes. Namun di samping itu, Aplikasi Klinik Pintar juga telah menghadirkan layanan unggulan berupa integrasi data dalam satu jejaring klinik. Artinya, jika klinik Anda memiliki cabang, Anda dapat memiliki 1 database untuk seluruh jejaring klinik (klinik grup)

Namun dalam mengintegrasikan sistem informasi kesehatan, keamanan data menjadi isu yang krusial. Diperlukan langkah-langkah yang tepat untuk melindungi data kesehatan pasien dari ancaman keamanan dan pelanggaran privasi.

Dengan Aplikasi Klinik Pintar, Anda tak perlu khawatir terkait keamanan dan privasi data pasien. Sebab, update data pasien hanya bisa dilakukan oleh klinik itu sendiri atau penanggung jawab klinik yang telah menyertai bukti dokumen penunjukkan pembaharuan data.

Jadi, data klinik Anda di cabang Bogor tidak bisa langsung diperbarui oleh klinik cabang Jakarta tanpa adanya persetujuan dengan dokumen penunjukan pembaharuan.

Namun apabila fasyankes Anda dikelola oleh korporasi dan korporasi memiliki kebijakan untuk melakukan pembaharuan data, maka pembaharuan harus dilakukan terpusat dan perlu adanya dokumen yang membuktikan jika proses pembaharuan juga dilakukan oleh grup atau holding yang tergabung.

Mengelola Data Pasien Jejaring Klinik Lebih Mudah dengan Aplikasi Klinik Pintar

Memiliki fasilitas kesehatan di berbagai wilayah mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis di industri kesehatan. Terlebih jika fasilitas antar cabang belum terintegrasi dalam satu sistem.

Menjawab kekhawatiran ini, Klinik Pintar hadir untuk membantu Anda dalam mengelola jejaring klinik. Dengan Aplikasi Klinik Pintar, Anda akan lebih mudah mengintegrasikan segala fasilitas kesehatan dalam satu sistem.

Sebab, klinik yang tergabung dalam satu jejaring klinik atau memiliki klinik cabang dapat memiliki satu database di Aplikasi Klinik Pintar sehingga data pasien dan Rekam Medis Elektronik bisa berkesinambungan antar cabang. Dengan begitu, mengelola data pasien bukan lagi persoalan sulit dan koordinasi perawatan pasien pun jadi lebih baik.

Cara Menggunakan Fitur Unggulan Integrasi Data pada Aplikasi Klinik Pintar

Berikut cara menggunakan fitur unggulan Integrasi Data pada Aplikasi Klinik Pintar. Nantinya, pengguna dapat memanfaatkan fitur penambahan pasien dari list pasien klinik grup:

  1. Kini Anda dapat menambahkan data pasien yang terdaftar di klinik grup namun belum terdaftar di klinik Anda. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan pasien baru yang belum terdaftar di klinik grup maupun klinik yang Anda kelola

integrasi data 1.gif

  1. Mengubah informasi pasien yang terdaftar di klinik grup

integrasi data 2.gif

  1. Meregistrasikan pasien klinik grup yang sudah terdaftar di klinik Anda

integrasi data 3.gif

  1. Membuat reservasi pasien klinik grup yang sudah terdaftar di klinik Anda

integrasi data 4.gif

Dengan Aplikasi Klinik Pintar, kini Anda dapat mendaftarkan pasien yang belum terdaftar di klinik Anda namun sudah pernah berobat di klinik lain yang terdaftar dalam grup dengan adanya fitur pencarian pasien seluruh klinik grup.

Anda dapat mencari list pasien seluruh grup berdasarkan nama, NIK, atau no. penjamin melalui menu pasien di kolom pencarian. Klinik juga bisa mengubah informasi pasien melalui halaman list pasien lalu klik edit pasien. Perubahan informasi pasien akan dirasakan oleh seluruh klinik grup.