Skip to main

Peran dan Manfaat Telekonsultasi Bagi Klinik

Tak bisa dipungkiri, kemajuan teknologi membawa dampak besar bagi industri kesehatan. Salah satu perubahan terbesar yaitu adanya layanan telekonsultasi. Dulu, pasien harus datang secara langsung ke rumah sakit atau klinik untuk mendapatkan perawatan medis.

Namun sekarang, pasien dapat dengan mudah mengakses layanan kesehatan dan berkomunikasi langsung dengan dokter melalui video call atau aplikasi kesehatan.

Tentunya manfaat layanan telekonsultasi ini tidak hanya dirasakan oleh pasien saja, tentunya fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan ini pun akan merasakan beragam manfaat. Lantas, apa peran telekonsultasi bagi pelayanan kesehatan?

Apa Itu Telekonsultasi?

Melansir dari National University Polyclinics, telekonsultasi adalah praktik kesehatan yang memungkinkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter tanpa harus bertatap muka secara langsung, namun konsultasi dilakukan secara jarak jauh melalui platform khusus yang dirancang untuk konsultasi medis online.

Dalam proses konsultasi online tersebut, dokter akan memeriksa dan mencatat rekam medis, mendengarkan apa saja keluhan yang dialami pasien, serta melakukan peresepan obat.

Tujuan dan Manfaat Adanya Telekonsultasi

Thumbnail 2 - Peran dan Manfaat Telekonsultasi Bagi Klinik (1).jpg

Adanya layanan konsultasi kesehatan online seputar kesehatan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat umum.

Manfaat telekonsultasi bagi klinik dan pasien sangatlah signifikan. Beberapa manfaat utama antara lain:

1. Memperluas Akses Layanan Kesehatan

Telekonsultasi memungkinkan klinik untuk memberikan pelayanan medis yang lebih baik dan lebih cepat kepada pasien. Manfaat telekonsultasi tak hanya dirasakan oleh klinik saja, namun dengan adanya konsultasi dokter online, pasien akan lebih mudah untuk mengakses layanan medis tanpa harus bepergian jauh atau menunggu lama di klinik.

Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki mobilitas terbatas. Dengan begitu, sistem klinik ini dapat meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan.

2. Mengurangi Antrian dan Waktu Tunggu

Salah satu masalah utama di banyak klinik adalah antrian panjang dan waktu tunggu yang tidak efisien. Namun, konsultasi online dapat membantu mengurangi waktu tunggu dan antrian di klinik. Dengan begitu, baik pasien maupun klinik bisa merasakan manfaat telekonsultasi berupa efisiensi waktu bagi pasien.

Telekonsultasi memungkinkan pasien untuk segera mendapatkan konsultasi medis dengan cepat dan menghindari penundaan yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan pasien.

Dengan mengurangi jumlah pasien yang perlu datang ke klinik secara langsung, klinik dapat mengoptimalkan produktivitas tenaga medis dan meningkatkan efisiensi operasional.

Baca Juga:

3. Mempercepat Rujukan

Konsultasi dokter online memberikan banyak manfaat bagi klinik, salah satunya dapat mempercepat proses rujukan pasien. Dengan menggunakan teknologi ini, klinik dapat menghubungkan pasien dengan dokter spesialis yang lebih ahli dalam bidang tertentu tanpa harus menunggu antrian panjang atau perjalanan jauh. Hal ini memungkinkan penanganan penyakit yang lebih cepat dan efisien

4. Mendukung Keberlanjutan Perawatan

Konsultasi online dapat membantu klinik untuk memperluas jangkauan layanan kesehatan bagi para pasiennya, baik itu pasien dari luar kota maupun luar negeri. Tak hanya itu, telekonsultasi juga mendukung keberlanjutan perawatan pasien. Pasien yang membutuhkan pemantauan rutin atau perawatan jangka panjang dapat terus berkonsultasi dengan dokter melalui layanan telekonsultasi.

Aplikasi Klinik Pintar Hadirkan Fitur Telekonsultasi

Dalam era digital saat ini, banyak klinik telah mengadopsi sistem informasi klinik yang canggih. Salah satu contoh adalah Aplikasi Klinik Pintar, sistem informasi klinik yang hadir dengan fitur telekonsultasi.

Dengan adanya fitur telekonsultasi dalam Aplikasi Klinik Pintar, klinik dapat membantu pasien terhubung dengan dokter secara mudah. Sebab, telekonsultasi Aplikasi Klinik Pintar menawarkan sejumlah keunggulan yang meliputi:

1. Dapat Mengakses Fitur Telekonsultasi dengan Mudah

Salah satu keunggulan fitur telekonsultasi pada Aplikasi Klinik Pintar yaitu memberikan kemudahan bagi para penggunanya, baik itu dokter, staf, maupun pasien yang ingin melakukan konsultasi.

Pasalnya, untuk menggunakan fitur ini, klinik tidak perlu melakukan instalasi khusus dan cukup menggunakan browser saja untuk mengakses Aplikasi Klinik Pintar. Berikutnya untuk pemilihan media telekonsultasinya sangat beragam, bisa menggunakan zoom, whatsapp video call, gmeet, dan media lainnya yang sudah cukup familiar digunakan saat ini.

Untuk mengakses layanan ini, Anda hanya perlu membuka menu “Master Data” pada Aplikasi Klinik Pintar, kemudian pilih menu “Poliklinik”, setelah itu “Edit Poliklinik” untuk menambahkan poliklinik khusus untuk layanan telekonsultasi.

Thumbnail 3 - Peran dan Manfaat Telekonsultasi Bagi Klinik.jpg

2. Memberikan Fleksibilitas

Kelebihan berikutnya adalah meningkatnya fleksibilitas dokter maupun pasien. Dengan memanfaatkan fitur telekonsultasi dari Aplikasi Klinik Pintar, tenaga medis dapat mengatur jadwal konsultasi sesuai dengan ketersediaan mereka.

Thumbnail 4 - Peran dan Manfaat Telekonsultasi Bagi Klinik.jpg

3. Terintegrasi dengan Rekam Medis Elektronik

Thumbnail 5 - Peran dan Manfaat Telekonsultasi Bagi Klinik.jpg

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Aplikasi Klinik Pintar juga telah dilengkapi Rekam Medis Elektronik (RME). Tentunya, ini akan memudahkan tenaga medis atau dokter untuk mengakses dan memperbarui rekam medis pasien secara real-time, sehingga dokter dapat memberikan perawatan yang lebih baik.

Akses ke halaman Isi Rekam Medis ini akan otomatis terbuka setelah proses pembuatan ruang konsultasi dilakukan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penggunaan Layanan Telekonsultasi Aplikasi Klinik Pintar, Anda dapat mengaksesnya di sini.

Yuk beralih ke klinik digital bersama Aplikasi Klinik Pintar dan dapatkan berbagai manfaat layanan telekonsultasi untuk memperluas cakupan pelayanan klinik Anda!

Sumber: National University Polyclinics. TeleConsult.