Skip to main

Peran Teknologi dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan di Klinik

Era teknologi membawa dampak besar di berbagai bidang termasuk kesehatan. Ini dibuktikan dengan aplikasi klinik yang berguna untuk membantu meningkatkan pelayanan kesehatan di klinik.

Peran teknologi tidak hanya membantu pengambilan keputusan klinis saja melainkan mampu mengelola fasilitas kesehatan lebih efektif dan efisien. Adapun beberapa peran teknologi dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan ialah:

Mempersingkat Waktu Tunggu

Adanya aplikasi klinik gratis membantu memudahkan pasien dalam mengakses layanan kesehatan bahkan mempersingkat waktu tunggu. Kini pasien tidak perlu menunggu hingga berjam-jam untuk mendapatkan layanan kesehatan. Anda bisa membuat janji temu secara online dan menunggu di poli sesuai antrian yang ditentukan.

Sistem ini juga membantu petugas kesehatan mempersiapkan tenaga medis sesuai kebutuhan. Selain itu mengecek adanya lonjakan pasien dan mengatur lebih tertib ketika pasien tiba di klinik dengan memberikan ruang tunggu tambahan bila diperlukan.

Penyimpanan Data yang Aman

Berkat digitalisasi, semua dokumen bisa tersimpan dalam bentuk soft copy. Anda tidak perlu menyiapkan ruangan penyimpanan, rak atau folder untuk menyimpan berkas. Data penting seperti rekam medis, identitas pasien atau data lainnya tersimpan dalam sistem. Dengan begitu data tidak akan mudah rusak atau mengalami kebocoran sebab akses dibatasi hanya untuk pihak yang berkepentingan saja.

Menjangkau Pasien Lebih Luas

Kemajuan teknologi mampu menjangkau pasien dari berbagai daerah. Layanan kesehatan diperkenalkan lewat online marketing sehingga jangkauannya tidak pada satu lokasi saja. Anda bisa pula melakukan evaluasi dengan pasien sebagai responden utama. Caranya melakukan survey daring terkait layanan kesehatan yang diberikan guna mendapatkan feedback untuk meningkatkan mutu operasional.

Apabila layanan kesehatan dikelola dengan baik maka pasien baru akan loyal untuk berobat di klinik Anda. teknologi juga berperan aktif dalam branding klinik lewat postingan feed pada akun sosial media klinik. Anda tidak hanya menyajikan informasi layanan kesehatan saja namun memberikan konten edukasi kesehatan sebagai daya tarik dalam menjangkau pasien baru.

Rekam Medis Terintegrasi

Thumbnail 2 - Peran Teknologi dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan.jpg

Rekam medis menjadi dokumen penting bagi petugas kesehatan dan pasien. Lewat data ini tenaga medis bisa memberikan tindakan klinis yang tepat, cepat, dan akurat. Pemerintah sendiri sudah memberlakukan aturan rekam medis elektronik sebagai standar nasional dalam layanan kesehatan.

Pasien bisa mengakses rekam medis miliknya dari mana saja. File rekam medis dapat didownload bahkan pasien tidak perlu lagi mengambil hasil pengecekan medis di klinik secara langsung.

Kesediaan Layanan Pembelian Obat

Penggunaan obat-obatan merupakan kebutuhan utama dalam fasilitas kesehatan. Selain konsultasi tenaga medis memerlukan obat-obatan untuk mencegah penyakit semakin parah sekaligus mempercepat pemulihan. Untuk itu perlu kerjasama distributor obat dengan klinik terkait kesediaan obat dalam jangka panjang.

Teknologi berperan penting untuk cek stok obat sekaligus melakukan pemesanan secara daring. Selain itu obat yang Anda pesan bisa langsung diantarkan ke klinik secepat mungkin berkat kecepatan transaksi online.

Kemudahan Akses Informasi

Fungsi teknologi informasi memudahkan pengolahan data serta akses informasi secara real time. Berkat teknologi Anda bisa menggunakan data sesuai kebutuhan contohnya dalam evaluasi pelayanan kepada pasien, pencatatan rekam medis hingga akses riwayat kesehatan pasien.

Baca juga:

Sarana Komunikasi Antar Petugas Kesehatan

Komunikasi antar petugas kesehatan juga perlu terjaga agar menghindari kekeliruan prosedur kesehatan. Fungsi teknologi adalah mempercepat komunikasi di kalangan petugas kesehatan. Adanya aplikasi klinik gratis menciptakan sistem yang terintegrasi untuk membuat petugas kesehatan semakin efisien dalam menyerahkan dokumen terkait pasien. Dokter bisa memberikan diagnosis lebih cepat.

Komputerisasi Pelayanan Konsultasi Dokter

Dalam surat edaran No HK.02.01/MENKES/303/2020 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan ternyata peranan dokter cukup krusial. Dokter memberikan layanan konseling termasuk pemberian resep obat yang bisa pula dilakukan secara online. Sistem konsultasi secara online ini disebut dengan telemedicine sehingga pasien tetap bisa mendapatkan layanan kesehatan tanpa harus datang ke klinik.

Memperkecil kesalahan Prosedur Medis

Kesalahan dalam prosedur medis mampu berdampak fatal bagi pasien. Berdasarkan Starfield dan American Institute of Medicine (IOM) menyatakan 98.000 kematian setiap tahun di rumah sakit maupun institusi kesehatan diakibatkan oleh kesalahan medis. Adanya aplikasi klinik membantu mengurangi kesalahan medis dan menyelamatkan lebih banyak pasien. Informasi disajikan secara real time sehingga dokter memberikan tindakan medis tepat waktu.

Rekomendasi Aplikasi Klinik

Untuk mempercepat adopsi Rekam Medis Elektronik di layanan kesehatan Indonesia, aplikasi Klinik Pintar menghadirkan program bebas pakai aplikasi hingga Desember 2024. Program ini juga bertujuan agar mitra terbiasa dalam menggunakan RME sebelum Desember 2023. Untuk Sahabat Pintar yang ingin beralih menggunakan Aplikasi Klinik Pintar, yuk jadwalkan demo sekarang juga!

Sumber:

IED. Importance of Technology in Healthcare. 17 November 2020

FK UGM. Penerapan teknologi informasi dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan.