Skip to main

Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Jumlah Pasien di Klinik

Kesehatan adalah bagian dari kebutuhan pokok setiap orang namun tidak banyak orang sadar akan pentingnya pemeriksaan kesehatan. Inilah yang membuat tingkat jumlah pasien klinik menurun. Hal ini pada dasarnya bisa teratasi dengan strategi pemasaran yang tepat dan efektif.

Promosi tidak hanya mengenalkan layanan klinik saja namun menjadi momentum bagi fasilitas kesehatan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya kesehatan. Jadi mereka tidak hanya datang berobat saat mengalami sakit parah saja namun rutin menjalani pemeriksaan rutin. Berikut beberapa tips marketing bagi klinik agar jumlah pasien bisa naik signifikan dalam waktu singkat.

Tips Pemasaran.jpg

Promosi Lewat Media Sosial

Kesan pertama memang penting dalam pelayanan jasa namun bagaimana faskes mempromosikan diri juga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Media sosial merupakan salah satu alat yang bisa mendekatkan klinik dengan calon pasien.

Cerdas dalam media sosial akan memberikan dampak positif dalam pendapatan klinik. Lakukan promosi via feed media sosial bisa berupa poster, video, audio dan lainnya. Gunakan hashtag agar pengguna media sosial lainnya bisa menemukan konten yang Anda hasilkan.

Setiap konten dikerjakan dengan memperhatikan font, warna, isi pesan dan tagline. Apabila memakai video maka dalam durasi singkat pesan promosi yang disampaikan klinik tersampaikan dengan baik dan jelas. Jika menggunakan gambar maka visualnya jelas dan tajam.

Dengarkan Saran Untuk Klinik

Setiap konten promosi yang Anda sebarkan tentu menarik banyak audiens. Ada yang meninggalkan kesan positif namun tak sedikit juga memberikan kritik membangun. Dengarkan saran untuk perbaikan layanan klinik kedepannya.

Anda bisa memberikan survey singkat pada setiap pasien usai menjalani layanan klinik. Dalam survey ini pasien bisa langsung memberikan nilai kepada setiap layanan kesehatan. Tidak lupa sediakan kolom kritik dan saran untuk form survey. Akhiri survey dengan ucapan terima kasih sebagai bentuk penghormatan kepada kesediaan pasien yang menyediakan waktu untuk mengisi survey tersebut.

Tingkatkan Listingan Google Bisnis

Tampilkan profil bisnis faskes pada mesin pencarian sehingga pelanggan baru bisa menelusuri dan mencari lokasi klinik secara akurat. Anda bisa menyertakan alamat, maps, nomor telepon hingga official website pada profil Google Bisnis.

Calon pasien bisa menemukan profil bisnis Anda dengan penelusuran langsung lewat alamat maupun nama, kategori, produk atau layanan yang ditawarkan hingga merek dari bisnis. Tampilan profil juga menunjukan review atas pasien lainnya yang sudah merasakan layanan kesehatan Anda.

Tawarkan Paket Keanggotaan dan Langganan Asuransi

Berikan harga khusus untuk loyalitas pasien maupun bagi mereka yang memiliki keanggotaan. Adanya penawaran membership ini akan menarik pasien untuk datang kembali.

Pasien bisa membayar biaya bulanan atau tahunan guna menerima layanan diagnistik maupun pencegahan penyakit semakin parah dengan perawatan sedini mungkin. Bekerjasama dengan pihak asuransi akan mudah menerapkan strategi marketing ini karena target pelanggannya serupa.

Jadwalkan Janji Temu dan Diskon

Tentukan janji temu yang cocok dengan kebutuhan pasien agar mereka kembali ke klinik. Pastikan Anda menjelaskan pentingnya menjadwalkan janji temu sedini mungkin. Hal ini bisa membuat pasien beralih sebagai pelanggan tetap. Beri penjelasan dengan jelas, ramah dan easy going.

Tidak lupa beri diskon untuk pasien baru atau pada tanggal tertentu. Anda bisa menawarkan pemeriksaan gratis seperti mengecek tekanan darah atau lainnya sebagai pemikat agar pasien bisa melakukan tindakan medis lanjutan.

Kirim Email Pengingat

Ketika mendekati waktu kunjungan, sebaiknya kirim email pengingat sehingga pasien terdorong untuk membuat janji temu. Email ini sebaiknya menyertakan hyperlink ke situs web Anda sehingga pasien dapat dengan mudah menjadwalkan janji hanya dengan beberapa klik saja. Selain bisa diimplementasikan pada email, Anda juga bisa mengirimkan pengingat melalui nomor telepon pasien.

Baca juga:

Edukasi Pasien Tentang Pemeriksaan Rutin

Strategi marketing tidak melulu seputar promosi produk saja namun juga konten edukasi. Walaupun tidak instan namun konten edukasi ini bisa membantu Anda mengenalkan program yang dibutuhkan pasien.

Tekankan pentingnya pemeriksaan rutin untuk menjaga kesehatan dan mencegah resiko penyakit lainnya. Edukasi pasien bisa lewat email yakni Anda mengirim buletin kesehatan setiap bulannya.

Cara kedua adalah lewat postingan website yang mana konsisten menampilkan informasi kesehatan. Dalam artikel bisa disisipkan produk dan layanan kesehatan yang klinik miliki atau ajakan untuk melakukan pemeriksaan.

Gunakan Aplikasi Klinik yang Mudah, Lengkap, dan Terintegrasi

Mulailah untuk mengembangkan layanan kesehatan berbasis online. Aplikasi Klinik Pintar siap memudahkan operasional klinik Anda mulai dari pendaftaran pasien, kelola stok obat, hingga implementasi RME (Rekam Medis Elektronik) dengan ICD 10.

Aplikasi Klinik Pintar juga sudah sesuai regulasi dan mengikuti program pemerintah Republik Indonesia. Aplikasi Klinik Pintar sudah terstandarisasi dan terintegrasi ke SATUSEHAT serta Terdaftar di PSE Domestik Kemkominfo.

Sumber:

Medesk. 7+ Effective Ways to Attract Patients to Your Clinic in 2022.

Practice Builders. Top 25 Ways to Attract More Patients to Your Medical Practice. 27 Juni 2018