Skip to main

Tips Memilih Software untuk Kelola Data Laboratorium Klinik

Dalam dunia medis, laboratorium klinik memiliki peran penting dalam mendukung diagnosis dan perawatan pasien. Salah satu kunci dalam menjalankan laboratorium klinik adalah memastikan bahwa manajemen data pemeriksaan laboratorium klinik berjalan dengan baik dan efisien.

Agar keberadaan laboratorium di klinik semakin efisien, penting bagi klinik untuk menggunakan sistem atau software yang dapat membantu mengelola data pemeriksaan laboratorium.

Namun, dengan banyaknya pilihan software laboratorium klinik yang tersedia di pasaran, penting bagi Anda memilih software laboratorium klinik yang tepat. Yuk simak tips memilih software laboratorium klinik!

Manfaat Adanya Software untuk Kelola Data Pemeriksaan Laboratorium di Klinik

Dengan adanya software yang dapat mengelola data pemeriksaan laboratorium klinik tentunya akan memberikan sejumlah manfaat, seperti:

1. Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Pengelolaan Data

Salah satu manfaat utama dari software laboratorium klinik adalah kemampuannya untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan data. Sebelum adanya software khusus, data laboratorium seringkali dicatat secara manual, yang dapat menyebabkan berbagai masalah seperti kesalahan penulisan atau kesalahan dalam penginputan.

Dengan software laboratorium klinik, hasil tes dan data pasien dapat dicatat secara elektronik dengan mudah dan cepat. Selain mengurangi risiko human error, sistem laboratorium klinik juga dapat memastikan bahwa data yang tersimpan lebih akurat.

2. Akses Data Lebih Mudah Bisa Dari Mana Saja

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh laboratorium klinik adalah akses data yang terbatas. Sebelum adanya software klinik, data laboratorium umumnya disimpan dalam berkas fisik yang hanya dapat diakses dengan mengambil hasil lab langsung ke lokasi laboratorium.

Namun dengan software laboratorium klinik, akses data menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan dari mana saja, yang berarti dokter dapat mengakses hasil laboratorium pasien secara online, di mana pun dan kapanpun.

3. Mengurangi Risiko Kehilangan Data

Salah satu ketakutan dan tantangan terbesar dalam pengelolaan data laboratorium klinik adalah risiko kehilangan data pemeriksaan pasien. Kehilangan data ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kerusakan perangkat komputer atau bahkan adanya virus yang menyebabkan data hilang.

Namun, dengan menggunakan software laboratorium yang menggunakan penyimpanan data berbasis cloud storage, Anda tak perlu lagi khawatir kehilangan data karena data disimpan di server yang aman dan terduplikasi secara berkala.

Tips Memilih Sistem untuk Kelola Data Pemeriksaan Laboratorium Klinik

Thumbnail 2 - Tips Memilih Software untuk Kelola Data Pemeriksaan Laboratorium Klinik.jpg

Memilih software untuk laboratorium klinik adalah keputusan penting yang harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memilih software yang sesuai untuk laboratorium klinik Anda.

1. Pastikan Software Bisa Menginput Semua Jenis Pemeriksaan di Laboratorium Anda

Pertama-tama, pastikan bahwa sistem yang dipilih mendukung berbagai jenis uji laboratorium, mulai dari tes darah, tes tekanan darah, radiologi, tes lemak darah, gula darah, fungsi hati, dan serangkaian tes lainnya.Dengan begitu, Anda dapat memastikan bahwa semua data pemeriksaan tersimpan dengan baik dan terstruktur.

2. Pastikan Software Telah Terintegrasi

Laboratorium klinik seringkali memiliki beberapa sistem yang berbeda untuk mengelola berbagai aspek operasional, seperti hasil pemeriksaan, data rekam medis pasien, dan sistem pembayaran.

Untuk meningkatkan efisiensi dalam operasional laboratorium, pastikan software cek laboratorium yang akan Anda gunakan telah terintegrasi dengan sistem lainnya, seperti rekam medis elektronik, dan sistem pembayaran atau penagihan biaya laboratorium.

3. Periksa Dukungan Pelanggan dan Pembaruan

Sebelum membeli software laboratorium klinik, pastikan vendor software memiliki layanan dukungan pelanggan yang dapat diandalkan untuk membantu Anda apabila memiliki masalah atau pertanyaan selama penggunaan software serta selalu memberikan informasi terkini apabila terdapat layanan baru pada sistem.

Tak hanya itu, Anda juga perlu memastikan bahwa penyedia software secara rutin merilis pembaruan, seperti peningkatan fitur. Software yang terus diperbarui akan menjaga keamanan dan meningkatkan fungsionalitasnya.

4. Mempertimbangkan Keamanan & Privasi

Keamanan data pasien adalah prioritas utama dalam laboratorium klinik. Pastikan bahwa software tersebut memiliki langkah-langkah keamanan yang kuat, seperti enkripsi data.

Selain itu, pastikan ada pengaturan akses yang kuat, yang memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa yang memiliki akses ke data sensitif. Ini sangat penting untuk melindungi privasi pasien dan mematuhi peraturan yang berlaku.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat lebih mudah memilih software laboratorium klinik yang sesuai dengan kebutuhan Anda, aman, dan mudah digunakan untuk mendukung operasi laboratorium Anda.

Kelola Data Cek Laboratorium Klinik Lebih Mudah dengan Aplikasi Klinik Pintar

Sebagai penyedia software klinik, Aplikasi Klinik Pintar dilengkapi dengan Fitur Input Hasil Pemeriksaan Laboratorium, sehingga klinik yang memiliki laboratorium dapat menginput hasil pemeriksaan pasien ke dalam aplikasi yang dapat diakses dengan mudah.

Selain bisa menambahkan hasil pemeriksaan beberapa keuntungan juga bisa Anda dapatkan dengan Aplikasi Klinik Pintar, seperti:

1. Input Hasil Laboratorium Jadi Lebih Cepat dan Mudah

image.gif

Salah satu keunggulan Fitur Input Hasil Cek Laboratorium pada Aplikasi Klinik Pintar ini selain mudah digunakan, proses penginputannya pun terbilang cepat. Pasalnya, untuk mengakses fitur ini, Anda hanya perlu membuka menu “Rekam Medis” pada Aplikasi Klinik Pintar, kemudian pilih menu “Pemeriksaan”, selanjutnya Anda bisa menambahkan data hasil pemeriksaan.

Tak hanya itu, dengan Fitur Input Hasil Pemeriksaan Laboratorium, dokter dapat langsung melihat hasil pemeriksaan tanpa perlu keluar masuk menu lain dalam Aplikasi Klinik Pintar.

Selain penggunaannya yang mudah, fitur Input Hasil Pemeriksaan Laboratorium ini juga memudahkan klinik dalam memberikan hasil pemeriksaan laboratorium, karena klinik dapat mencetak hasil laboratorium dan mengirimkan hasilnya langsung melalui email pasien.

Baca Juga: Input Hasil Cek Lab Jadi Lebih Mudah dengan Fitur Input Hasil Pemeriksaan Laboratorium Aplikasi Klinik Pintar

2. Fitur Input Hasil Cek Lab Telah Terintegrasi dengan RME

Aplikasi Klinik Pintar menghadirkan inovasi terbaru dengan mengintegrasikan fitur input hasil cek laboratorium dengan Rekam Medis Elektronik (RME). Fitur ini memberikan keuntungan signifikan dalam pengelolaan informasi kesehatan pasien.

Di mana, Anda tak perlu lagi menggunakan beberapa sistem klinik untuk mengelola data rekam medis dan data pemeriksaan lab, sehingga kelola data pun jadi lebih efisien dan tak perlu lagi melakukan input data pada dua sistem berbeda, karena sistem pada Aplikasi Klinik Pintar saling terhubung. Dengan fitur yang saling terintegrasi, tentunya dapat membantu dokter lebih cepat dan tepat dalam mengambil keputusan perawatan medis.

3. Aplikasi Klinik Pintar Menjamin Keamanan dan Privasi

Perihal keamanan dan privasi, Anda tak perlu khawatir karena Aplikasi Klinik Pintar memiliki fitur yang di mana pada fitur ini Anda dapat melihat riwayat perubahan (Log) pada resume medis pasien dan siapa saja yang telah mengubah resume medis tersebut.

Tak hanya itu, demi menjaga keamanan data para pasien, Aplikasi Klinik Pintar juga menghadirkan fitur yang mana Anda bisa membatasi jumlah menu yang dapat diakses oleh para pengguna.

4. Selalu Ada Pembaruan pada Fitur Input Hasil Cek Lab

Dalam Fitur Input Cek Lab by Aplikasi Klinik Pintar, Anda dapat mengelola hasil serangkaian pemeriksaan, seperti tes tekanan darah, radiologi, tes darah atau hematologi, tes lemak darah, gula darah, fungsi hati, fungsi ginjal, fungsi jantung, funduskopi, dan serangkaian tes lainnya.

Namun nantinya, Anda bisa melakukan penginputan berbagai hasil pemeriksaan karena Aplikasi Klinik Pintar selalu memberikan pembaruan untuk layanan hasil cek lab.

5. Aplikasi Klinik Pintar Menghadirkan Layanan Dukungan (Extra Support)

Extra support adalah dukungan tambahan untuk mitra klinik dengan bimbingan yang lebih intens dan mendalam seputar penggunaan aplikasi.

Menariknya, Anda bisa memilih layanan extra support sesuai kebutuhan. Pasalnya, Klinik Pintar menyediakan berbagai program extra support mulai dari pelatihan secara online dan offline, pendampingan melalui WhatsApp grup, hingga pendampingan melalui kunjungan ke fasyankes.

Baca Juga: Dapatkan Dukungan Terbaik dari Extra Support Aplikasi Klinik Pintar, mulai dari Pendampingan hingga Integrasi

Kini, mengelola hasil pemeriksaan laboratorium bukan lagi jadi permasalahan sulit. Sebab, dengan menggunakan Aplikasi Klinik Pintar, Anda dapat dengan mudah mengelola rekam medis pasien dan hasil cek laboratorium dalam satu aplikasi. Yuk tingkatkan layanan kesehatan dan wujudkan transformasi digital bersama Aplikasi Klinik Pintar!