Skip to main

Tips Mengelola Klinik dengan Baik

Pengelolaan klinik yang tepat akan berdampak pada pendapatan usaha kesehatan itu sendiri. Kepuasaan konsumen menjadi tolak ukur klinik berjalan dengan baik atau tidak. Dalam pengelolaan layanan jasa kesehatan ini membutuhkan kerja keras dan kerjasama semua pihak baik staf, sistem, marketing serta manajemen keuangan.

Strategi manajemen pelayanan kesehatan ini mampu mengontrol cost dan meningkatkan pendapatan sehingga klinik mampu menghasilkan profit tinggi. Selain mampu mendatangkan lebih banyak pasien, tips di bawah ini membantu mempertahankan pasien agar tetap loyal dengan layanan kesehatan yang Anda miliki.

Edukasi Staf Terkait Informasi Riil Pasien

Membangun personal branding memang penting dan menjadi tugas utama tim marketing. Meskipun begitu branding juga harus diikuti dengan edukasi staf terkait informasi riil pasien. Tujuannya agar memahami kebutuhan pasien dan memberikan informasi yang diperlukan pengguna layanan.

Sebelum melakukan pengobatan medis kepada pasien, Anda wajib menjelaskan informasi terkait tahapan pengobatan dan perkiraan biaya tagihan yang harus dibayar. Kedua hal ini harus disampaikan ke pasien sebelum setuju atas layanan medis yang diberikan. Poin utama dalam edukasi staf atas informasi riil pasien adalah menekankan pelunasan tagihan klinik yang meningkatkan siklus pendapatan sekaligus transparansi biaya.

Profesionalisme SDM

Thumbnail 2 - Tips Mengelola Klinik dengan Baik (1).jpg

Petugas medis dan staf klinik merupakan bagian dari pengelolaan klinik. Kemampuan sumber daya manusia menjadi bagian dari penilaian khusus dari pasien. Tenaga medis tidak hanya mampu memberikan tindakan medis saja namun mampu bersikap ramah serta sopan. Setiap staf memahami posisi dan tugasnya masing-masing.

Dalam situasi apapun bahkan melayani keluarga sendiri, staf harus menjunjung tinggi profesionalitas bekerja. Training staf agar mampu memenuhi standar layanan yang ditetapkan baik dari bagian resepsionis, nursing, security bahkan cleaning service.

Baca juga:

Buat Paket Pelayanan Klinik

Berikan beberapa paket pelayanan klinik yang menarik. Ikuti perkembangan yang ada agar sesuai dengan kebutuhan pasien. Penentuan paket pelayanan tidak hanya berfokus pada keuntungan saja melainkan salah satu cara atraktif menarik pasien baru. Anda bisa melakukan sosialisasi dan menekankan pentingnya melakukan cek kesehatan secara berkala maupun memperkenalkan pentingnya menjaga kesehatan kepada generasi muda.

Selipkan paket pelayanan yang tersedia di klinik usai melakukan sosialisasi. Jangan hanya menawarkan paket layanan kesehatan yang tersedia secara offline saja melainkan juga online. Anda bisa menawarkan telehealth yakni konsultasi kesehatan secara online. Untuk tindakan medis lanjutkan bisa melakukan temu janji yang bisa disesuaikan agar memotong waktu antrian.

Tetapkan SOP yang Jelas

Manajemen layanan kesehatan memerlukan standar operasional prosedur yang jelas. SOP ini meliputi segala hal yang mungkin terjadi dalam operasional klinik. Misalnya saat terjadi bencana alam, kebakaran maupun melayani pasien gawat darurat. Tanpa adanya SOP maka staf tidak bisa memiliki satu acuan dalam menjalankan tugasnya. SOP yang jelas menciptakan budaya kerja yang baik dan berdampak dengan kemajuan klinik itu sendiri.

Beberapa SOP pada layanan kesehatan dimulai dari penerimaan pasien baru, pengukuran berat dan tinggi badan, pengkajian rawat jalan, pengukuran TTV, pengambilan darah, EKG dan lainnya. Untuk memenuhi standar klinik terakreditasi, pemerintah juga menetapkan SOP tersendiri yang diatur dalam undang undang.

Kontrol Inventaris

Thumbnail 3 - Tips Mengelola Klinik dengan Baik (1).jpg

Pengelolaan klinik meliputi pula kontrol inventaris baik alat kesehatan maupun obat obatan. Data farmasi menjadi acuan penting karena mencakup keluar masuknya obat obatan. Alat kesehatan perlu dicek secara berkala apakah mampu bekerja dengan baik dan akurat. Anda juga perlu bekerja sama dengan supplier obat guna mendukung pengadaan obat jangka panjang.

Kontrol inventaris yang lebih sering menyebabkan overstock mampu menimbulkan pembengkakan biaya dan menekan profit. Sementara bila kekurangan obat dan alat kesehatan mampu memperlambat pelayanan medis kepada pasien khususnya dalam keadaan darurat.

Sediakan Ragam Pembayaran

Memberikan kemudahan dalam pembayaran tagihan layanan kesehatan juga salah satu cara mengelola klinik dengan baik. Jangan hanya mengandalkan pembayaran tunai saja namun sediakan pembayaran cashless. Tagihan layanan kesehatan bisa dibayarkan via transfer tunai, QRIS maupun pembayaran lainnya. Keunggulan cashless adalah terjamin keamanannya, pembayaran sesuai nominal, ringkas, praktis dan cepat.

Manfaatkan Teknologi

Gunakan teknologi untuk manajemen klinik lebih efektif dan efisien. Misalnya penggunaan aplikasi klinik untuk manajemen obat farmasi, administrasi hingga rekam medis pasien. Anda bisa bermitra dengan aplikasi Klinik Pintar yang sudah terintegrasi dengan platform pemerintah seperti IHS SATUSEHAT dan JKN.

Keunggulan dari aplikasi klinik ini adalah mengatur antrian secara online, membantu membuat laporan penjualan, surat keterangan dokter bahkan memperlancar pengadaan obat farmasi. Anda bisa dengan mudah mengelola inventaris alat kesehatan dan obat obatan. Klinik Pintar telah dipercaya oleh lebih dari 500 klinik dan membantu 2000+ tenaga medis di 180+ di berbagai lokasi yang ada di Indonesia.

Sumber:

Manale.Visual-Planing.5 Ways to Effectively Manage Medical Clinics. 19 April 2022

Access. 5 practices for efficient clinic and office management. 20 Agustus 2020

Kemkes. Tenaga Kesehatan: Profesional dalam Tugas, Melayani dengan Hati. 27 September 2013