Skip to main

Tips Menjaga Kualitas Pelayanan Klinik

Kualitas layanan klinik berjalan beriringan dengan kepuasan pasien. Saat pengelolaan klinik efektif maka kepuasan pasien juga meningkat. Peningkatan layanan juga mampu mempertahankan loyalitas pasien serta berkesempatan mendapatkan pasien baru. Meskipun begitu menjaga kualitas pelayanan kesehatan tidaklah mudah.

Anda harus menciptakan lingkungan kerja kondusif dan membangun visi misi yang sama bagi setiap staf kesehatan. Untuk mewujudkan kualitas pelayanan klinik yang terbaik terapkan tips yang ada di bawah ini:

Miliki Layanan Customer Service

Layanan customer service memiliki peran besar dalam klinik. Selain menerima feedback, customer service berperan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan calon pasien. Baik meliputi paket kesehatan yang tersedia, permasalah kesehatan hingga permintaan kebutuhan kesehatan untuk pasien gawat darurat.

Umumnya pasien yang menghubungi via telepon kebanyakan adalah pasien gawat darurat yang perlu diprioritaskan karena situasinya yang genting. Meskipun begitu Anda juga tidak bisa mengesampingkan pasien yang datang langsung ke klinik. Pelayanan customer service meliputi chat dari media sosial, panggilan langsung bahkan SMS.

Dalam menerima panggilan telepon, customer service juga menjaga kesopanan dan mampu memberikan solusi yang tepat. Tidak hanya ramah namun staf customer service memiliki wawasan yang luas terkait pelayanan kesehatan.

Bangun Kedekatan Psikologis dengan Pasien

Bangun interaksi antara pasien dengan tenaga medis agar ia merasa dihargai dan diperhatikan. Kenali pasien dengan memanggil nama sebagai fondasi awal membangun kepercayaan serta komunikasi yang baik. Setiap melakukan komunikasi jangan lupa untuk melakukan kontak mata agar pasien merasa lebih dihargai.

Tidak perlu menggunakan bahasa yang menakut-nakuti saat melakukan diagnosa. Tujuannya agar tidak menimbulkan keresahan dan ketakutan. Bicara dengan bahasa yang baik dan santai agar pasien dimengerti serta nyaman memeriksakan kesehatannya. Berikan motivasi agar pasien bisa menjalani perawatan dengan sungguh-sungguh.

Pelayanan Cepat Tanggap

Pengelolaan klinik yang buruk juga memperlambat pelayanan klinik sehingga tidak semua pasien bisa mendapatkan pengobatan dengan cepat. Pelayanan kesehatan yang lambat juga menjadi pertimbangan calon pasien memilih berobat di klinik Anda. biasakan untuk memberikan pelayanan cepat tanggap.

Misalnya saat ada panggilan telepon, jawablah dengan cepat dan melakukan panggilan tindak lanjut bila diperlukan. Secepat panggilan ditangani memberikan pengaruh dalam kepuasan pasien. Tanggapi setiap keluhan dengan serius dan tidak mengabaikan umpan balik dari pasien. Keluhan yang terus menerus terjadi memberikan gambaran buruknya layanan kesehatan.

Tingkatkan Profil Klinik

Profil klinik juga memiliki pengaruh besar terhadap personal branding fasilitas kesehatan tersebut. Susun profil dengan gambaran klinik secara ringkas dan jelas kepada pasien. Masukkan informasi meliputi lokasi dan layanan yang tersedia. Cantumkan visi dan misi klinik dan bila perlu tampilkan foto maupun ilustrasi layanan klinik dalam profil.

Tujuannya agar pasien memahami klinik sebelum berkunjung. Lebih bagus lagi bila memasukan testimoni pasien yang membantu meningkatkan kredibilitas fasilitas kesehatan.

Pekerjakan Staf yang Tepat

Digitalisasi Klinik.jpg

Kesuksesan fasilitas kesehatan tergantung pula pada keterampilan serta kepribadian staf. Kepribadian sangat penting karena berpengaruh dalam komunikasi yang baik antara klinik dan pasien. Sementara keterampilan berguna memberikan layanan kesehatan yang akurat, tepat dan sesuai prosedur.

Pekerjakan staf yang tepat dengan melakukan seleksi terstruktur. Pastikan seluruh staf siap membantu dan mampu memberikan pelayanan terbaik selama kunjungan pasien atau saat menjalani rawat inap.

Ikuti SOP

Ada standar operasional prosedur yang ditetapkan dan diikuti oleh semua staf klinik. SOP merupakan acuan pelayanan kesehatan yang terstandarisasi. Tujuannya memberikan layanan kesehatan yang berkualitas untuk semua pasien dari berbagai kalangan. SOP bersifat fleksibel yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Panduan kerja ini mematuhi aturan dan peraturan perundang-undangan yang menekankan keselamatan pasien.

Menjaga Kenyamanan Lingkungan Klinik

Kenyamanan lingkungan pelayanan kesehatan merupakan salah satu standar yang wajib diterapkan. Selain itu, kepuasan pasien juga dipengaruhi terhadap kenyamanan lingkungan klinik. Pastikan lingkungan klinik seperti ruang tindakan hingga kamar mandi bersih, steril dan nyaman untuk digunakan maupun dilihat.

Selain kebersihan, pastikan juga fasilitas memadai, seperti televisi di ruang tunggu atau kamar pasien. Untuk mempermudah mobilitas pasien dalam gedung bertingkat, sediakan juga lift. Pelayanan yang maksimal bukan hanya memastikan kesembuhannya saja, tetapi berikan juga perasaan puas dan nyaman ketika sedang berkunjung ke klinik.

Digitalisasi Klinik

Sistem pelayanan kesehatan akan lebih baik dan optimal dengan melakukan digitalisasi di klinik. Hal ini sejalan dengan peraturan pemerintah mengenai kewajiban menggunakan Rekam Medis Elektronik (RME). Selain itu, digitalisasi membuat operasional klinik lebih efisien dan hemat karena penerapan sistem paperless. Digitalisasi juga akan membantu untuk meningkatkan perawatan medis serta melakukan analisa sebelum pengambilan keputusan.

Sumber:

Riomed. 5 Tips on improving the management of your clinic. 4 Januari 2022 UNO Tech.10 tips to run a more successful clinic in 2023. 29 November 2022 Yankes Kemkes. Pentingnya Menjaga Kepuasan Pelanggan. 23 Juni 2022