Skip to main

Lindungi Kesehatan Karyawan dengan Blue Card, Asuransi Kesehatan tanpa Premi

Tahukah Anda? Beberapa negara memiliki peraturan yang mewajibkan perusahaan untuk memberikan asuransi kesehatan kepada karyawan, termasuk di Indonesia.

Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), semua perusahaan wajib memberikan BPJS Kesehatan bagi karyawan yang telah bekerja minimal enam bulan di perusahaan.

Meski begitu, kini banyak perusahaan yang juga menawarkan asuransi kesehatan tambahan untuk para karyawannya demi memberikan jaminan yang lebih memadai. Namun sayangnya, memilih asuransi kesehatan terbaik juga tidak semudah yang dibayangkan perusahaan.

Sebab, setiap perusahaan penjamin kesehatan memiliki aturan dan menawarkan keunggulan yang berbeda-beda terkait produk yang dipasarkannya. Bagi perusahaan yang ingin memberikan jaminan kesehatan karyawan namun bingung memilih asuransi terbaik, Blue Card adalah solusinya!

Apa Itu Blue Card?

Image - Lindungi Kesehatan Karyawan dengan Blue Card.jpg

Blue Card adalah kartu asuransi kesehatan yang juga bagian dari program Corporate Managed Care by Klinik Pintar untuk mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi para karyawannya.

Kartu ini berfungsi sebagai identitas dan alat pembayaran saat karyawan mendapatkan layanan kesehatan di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang bekerjasama dengan Klinik Pintar.

Untuk memaksimalkan layanan kesehatan yang diberikan, saat ini Klinik Pintar memiiliki 3000+ dokter umum dan dokter spesialis dengan ekosistem layanan kesehatan yang terdiri dari 9 klinik di 5 kota, 13 klinik perusahaan di 7 lokasi, 8 mitra rumah sakit rujukan, 25 mitra lab, 2 pusat distribusi obat dan ratusan mitra apotek untuk distribusi maupun pengiriman obat.

Dengan memiliki Blue Card, karyawan dapat mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah dan cepat tanpa harus membayar langsung, karena biaya kesehatan akan dibayarkan oleh perusahaan kepada Klinik Pintar setiap bulannya.

Baca Juga:

Cara Mudah Berobat dengan Menggunakan Blue Card

Blue Card adalah salah satu jaminan kesehatan karyawan yang cukup mudah digunakan oleh para penggunanya. Berikut ini cara menggunakan Blue Card saat ingin menikmati layanan kesehatan dari ekosistem Klinik Pintar:

  1. Pasien berobat ke Mitra Klinik dengan membawa Blue Card dan KTP
  2. Pasien mendapatkan pemeriksaan awal dari perawat dan dilanjutkan konsultasi dengan dokter
  3. Setelah mendapat diagnosis, pasien menerima obat dan apoteker memberikan penjelasan
  4. Pelayanan telah selesai dan biaya layanan akan tertagih ke perusahaan setiap bulan

Hanya dengan 4 langkah, karyawan sudah bisa berobat dengan nyaman tanpa hambatan.

Keuntungan Menggunakan Blue Card untuk Karyawan dan Perusahaan

Selain mudah digunakan, Blue Card juga memberikan sejumlah keuntungan baik itu bagi karyawan pemegang Blue Card maupun perusahaan, berikut beberapa keuntungan menggunakan Blue Card bagi karyawan:

1. Gratis Keanggotaan dan Tanpa Biaya Premi

Karyawan dapat menikmati pelayanan kesehatan di seluruh Mitra Klinik Pintar tanpa ada tambahan biaya premi bulanan maupun keanggotaan.

2. Layanan Kesehatan Mudah dan Cashless

Dengan Blue Card, karyawan dapat menikmati kemudahan layanan kesehatan hanya dengan menunjukkan kartu Blue Card. Sebab, biaya kesehatan akan langsung tertagih ke perusahaan setiap bulan, sehingga karyawan tidak perlu khawatir tentang pembayaran.

3. Mendapatkan Layanan VIP di Klinik

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan karyawan yaitu mendapatkan prioritas dan akses layanan VIP di klinik. Bahkan karyawan tidak perlu mengantri saat ingin menikmati layanan kesehatan.

4. Mendapatkan Pelayanan Terstandarisasi

Pemegang Blue Card mendapatkan jaminan dalam pelayanan yang profesional dari tenaga medis ahli dan dengan perlengkapan medis terstandarisasi.

Di samping manfaat untuk karyawan, Blue Card juga menawarkan sejumlah keuntungan bagi perusahaan, salah satunya perusahaan mendapatkan dashboard khusus. Dengan dashboard ini, perusahaan bisa melakukan berbagai cara, termasuk:

1. Memantau dan Mengontrol Langsung Biaya Kesehatan Karyawan

Dengan dashboard khusus, perusahaan dapat memantau langsung biaya kesehatan yang dikeluarkan oleh karyawan. Hal ini mencakup pengeluaran untuk kunjungan dokter, obat-obatan, prosedur medis, dan layanan kesehatan lainnya.

Dengan melacak secara langsung, perusahaan dapat mengelola anggaran kesehatan dengan lebih efisien.

2. Analisis Mendalam tentang Pengobatan Karyawan

Dengan memonitor secara rutin kondisi kesehatan karyawan, perusahaan dapat melakukan analisis mendalam terhadap pengobatan yang diberikan. Ini mencakup evaluasi efektivitas pengobatan, pemahaman tentang tren kesehatan karyawan, dan identifikasi pola penyakit yang mungkin memerlukan tindakan pencegahan atau intervensi lebih lanjut.

Analisis ini membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih baik terkait manajemen kesehatan karyawan dan pencegahan penyakit.

3. Merencanakan dan Memproyeksi Biaya Kesehatan Karyawan dengan Tepat

Dengan data yang dikumpulkan dari pelacakan biaya kesehatan dan analisis kondisi kesehatan karyawan, perusahaan dapat melakukan perencanaan dan proyeksi biaya dengan lebih akurat.

Ini memungkinkan perusahaan untuk mengantisipasi kebutuhan finansial di masa depan terkait aspek kesehatan karyawan. Dengan perencanaan yang tepat, perusahaan dapat menghindari over budgeting.

Dengan semua keuntungan ini, Blue Card menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada karyawan tanpa membebani perusahaan dengan biaya premi yang tinggi.

Yuk berikan jaminan kesehatan terbaik untuk karyawan bersama Blue Card!