Skip to main

Manfaat Adanya Klinik di Perusahaan

Kesuksesan bisnis tidak hanya bergantung pada modal yang diinvestasikan, melainkan memiliki karyawan yang kompeten dan sehat juga merupakan modal utama dalam menjaga kelangsungan bisnis.

Sebab apabila karyawan sakit, tentunya kondisi tersebut bisa berdampak pada kurangnya produktivitas. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk menghadirkan program atau layanan kesehatan di perusahaan, seperti in house clinic atau klinik perusahaan.

Adanya klinik di tempat kerja memang bukanlah fenomena baru. Pada tahun 1980-an, pengusaha industri atau manufaktur mulai menyediakan in house clinic di tempat kerja untuk menangani cedera akibat kerja.

Dalam beberapa tahun terakhir, klinik di tempat kerja pun semakin populer. Sebab, adanya klinik di tempat kerja memberikan sejumlah manfaat bagi karyawan maupun perusahaan. Yuk simak apa saja manfaatnya!

Manfaat Adanya Klinik di Perusahaan

Selain menjadi fasilitas penunjang, adanya in house klinik di perusahaan tentunya dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti:

1. Meningkatkan Kesehatan dan Produktivitas Karyawan

Dengan adanya in house clinic di perusahaan, tentunya dapat memudahkan karyawan dalam mengakses layanan kesehatan, baik itu dalam hal pemeriksaan rutin, perawatan pencegahan, maupun pengobatan ringan.

Pada akhirnya, karyawan akan lebih mungkin memanfaatkan layanan tersebut, sehingga menghasilkan kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan dan mengurangi kasus penyakit kronis.

Selain itu, klinik kesehatan perusahaan tentunya juga dapat memberikan edukasi dan pelatihan kesehatan untuk membantu karyawan mengelola kesehatan mereka dengan lebih baik, sehingga menumbuhkan budaya sehat di dalam perusahaan.

Tentunya, jika kesehatan karyawan maksimal, produktivitas mereka secara keseluruhan pun akan ikut meningkat.

Baca Juga:

2. Dapat Menghadirkan Program Kesehatan yang Sesuai Kebutuhan

Adanya in house klinik di tempat kerja akan membantu perusahaan dalam menghadirkan program kesehatan yang sesuai dan paling dibutuhkan oleh karyawannya.

Dengan menghadirkan program dan layanan yang sesuai, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan kesehatan tiap karyawannya. Sebab seperti yang kita tahu bahwa tren kesehatan karyawan di setiap perusahaan berbeda-beda.

Program kesehatan di perusahaan dapat mencakup program seminar kesehatan,, konseling nutrisi, dan dukungan kesehatan mental.

Bisa dibilang, program kesehatan di tempat kerja adalah strategi yang dapat digunakan untuk mengurangi biaya kesehatan melalui pencegahan penyakit. Program-program ini juga merupakan cara untuk meningkatkan semangat kerja dan produktivitas karyawan.

3. Akses ke Pelayanan Kesehatan Lebih Mudah

Adanya in house clinic di perusahaan tentu dapat memberikan kemudahan bagi karyawan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Hal ini bisa mengurangi waktu perjalanan dan waktu tunggu yang biasa dilakukan di ruang praktek dokter pada umumnya, sehingga memungkinkan karyawan mengakses dokter di lokasi dengan lebih cepat tanpa meninggalkan tempat kerja.

Terlebih jika seorang karyawan terluka saat bekerja, mereka mempunyai akses yang mudah dan cepat ke profesional medis yang dapat mengevaluasi dan mengobati cedera yang mereka alami.

4. Biaya Pengeluaran Layanan Kesehatan Lebih Terjangkau

Klinik kesehatan di tempat kerja dapat menghemat biaya baik bagi karyawan maupun perusahaan. Bagi karyawan, mereka dapat menghemat waktu perjalanan sekaligus menghemat biaya yang dikeluarkan selama proses janji temu medis di luar kantor, sementara perusahaan bisa mendapat manfaat dari pengurangan klaim asuransi dan biaya medis tambahan.

Kelola Klinik Perusahaan Lebih Mudah dengan In House Clinic by Klinik Pintar

Image - In House Clinic by Klinik Pintar.jpg Sebagai pemerhati kesehatan, Klinik Pintar turut mendukung perusahaan untuk menghadirkan klinik perusahaan agar karyawan dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan.

Karenanya, Klinik Pintar menghadirkan layanan In House Clinic untuk memastikan setiap perusahaan memiliki klinik dengan manajemen yang terkelola dengan baik.

Pada layanan In House Clinic by Klinik Pintar, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengelola klinik di perusahaan, sebab Klinik Pintar memastikan klinik perusahaan Anda mendapatkan:

  1. Perizinan operasional klinik dan dijamin klinik perusahaan Anda memenuhi standar akreditasi
  2. Klinik Pintar menjamin setiap pasien di klinik perusahaan Anda akan mendapatkan layanan kesehatan terbaik karena Klinik Pintar dilengkapi tenaga medis profesional dan peralatan medis terstandarisasi
  3. Perusahaan mendapatkan dashboard khusus yang dapat melihat secara langsung data tren kesehatan karyawan
  4. Tersedia program kesehatan berupa program pencegahan sindrom metabolik, paket immune booster, vaksin, serta konten edukasi kesehatan atau seminar berupa sosialisasi penyakit akibat kerja & kecelakaan akibat kerja yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan tren kesehatan karyawan
  5. Klinik Anda akan terhubung dengan ekosistem layanan kesehatan Klinik Pintar yang luas

Kini Anda Tak perlu khawatir perihal pengelolaan klinik di perusahaan, sebab In House Clinic by Klinik Pintar hadir dengan solusi lengkap untuk memenuhi kebutuhan klinik perusahaan Anda.

Tunggu apalagi? Yuk kelola klinik perusahaan dengan lebih baik bersama In House Clinic by Klinik Pintar!

Sumber:

Corporate Wellness Magazine. The Benefits of Onsite Health Clinics for Employee Wellbeing.

Medcor. How Employer Onsite Health Clinics Can Benefit Your Business.

Target Care. Top 5 Reasons Employees Value Onsite Health Clinics.