Skip to main

Mengenal Apa Itu In House Clinic (Klinik Perusahaan) dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Tak bisa dipungkiri, kini semakin banyak perusahaan yang sadar akan pentingnya kesehatan dan kesejahteraan karyawan. Maka tak heran jika banyak perusahaan yang akhirnya mulai menghadirkan in house clinic di wilayah kerjanya.

Bagi yang masih awam dengan istilah In-house clinic, in house clinic adalah fasilitas kesehatan atau klinik yang berada di sebuah perusahaan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan medis dan perawatan kesehatan yang lebih mudah diakses oleh karyawan.

Lantas, seberapa penting perusahaan memiliki klinik perusahaan?

Apa Itu In House Clinic?

In house clinic atau klinik perusahaan adalah fasilitas kesehatan yang didirikan di wilayah perusahaan dengan tujuan untuk menyediakan layanan kesehatan secara eksklusif bagi karyawan perusahaan tersebut.

Penyelenggaraan klinik perusahaan ini menjadi salah satu bentuk penerapan prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) oleh perusahaan.

Seperti yang kita tahu, penerapan K3 ini sangat penting, terlebih di sektor-sektor perusahaan yang memiliki risiko kesehatan dan keselamatan para pekerjanya, seperti perusahaan pertambangan, perminyakan, dan manufaktur.

Oleh karena itu, keberadaan klinik perusahaan menjadi sangat penting untuk memberikan pertolongan pertama dalam kasus gangguan kesehatan atau kecelakaan yang mungkin dialami oleh para pekerja.

Sebab, perusahaan memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan dan keselamatan para pekerjanya.

Manfaat Adanya In House Clinic di Perusahaan

Adanya klinik di perusahaan tentu dapat memberikan manfaat baik untuk karyawan maupun perusahaan, seperti:

1. Akses Layanan Kesehatan Lebih Mudah

Dengan adanya In house clinic, tentunya dapat memberikan kemudahan akses layanan kesehatan kepada karyawan karena fasilitas ini dapat dijangkau langsung di dalam lingkungan tempat kerja.

Dengan layanan kesehatan yang tersedia di lokasi kerja, penanganan masalah kesehatan dapat dilakukan secara lebih cepat dan efisien, terlebih jika terjadi kondisi darurat ringan yang perlu segera mendapatkan pertolongan pertama.

Selain itu, in house clinic juga dapat memfasilitasi program-program pencegahan dan deteksi dini penyakit. Sehingga karyawan dapat dengan mudah menjalani pemeriksaan kesehatan rutin, vaksinasi, dan skrining penyakit tertentu tanpa harus merencanakan waktu khusus di luar jam kerja.

2. Pelayanan Kesehatan Lebih Komprehensif dan Karyawan Bisa Mendapatkan Akses Prioritas

In house clinic tentunyanya memiliki beragam program kesehatan tersendiri untuk para karyawan di perusahaan, baik itu program vaksinasi, tes kesehatan rutin, atau bahkan program pengendalian kecelakaan kerja.

Dengan layanan kesehatan yang lengkap dan menyeluruh, karyawan dapat menikmati berbagai program kesehatan hanya dalam satu tempat. Selain itu, in house clinic biasanya akan lebih memberikan prioritas pada kesehatan karyawan, karena mereka memiliki catatan kesehatan tersendiri pada setiap karyawan,

Dengan begitu, tim medis dapat menyesuaikan rencana perawatan dan memastikan bahwa setiap karyawan mendapatkan perhatian kesehatan yang spesifik dan sesuai dengan kondisinya.

Baca Juga:

3. Efisiensi Biaya

In-house clinic dapat menjadi solusi bagi perusahaan yang ingin mengefisiensikan biaya kesehatan karyawan secara keseluruhan. Dengan mengambil tindakan proaktif terhadap kesejahteraan karyawan, perusahaan dapat mengurangi pengeluaran jangka panjang untuk layanan kesehatan.

Selain itu, biasanya karyawan juga akan lebih memilih layanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau seperti in house clinic daripada bergantung pada penyedia layanan kesehatan eksternal.

4. Meningkatkan Produktivitas dan Loyalitas Karyawan

Dengan adanya fasilitas kesehatan di tempat kerja, karyawan cenderung lebih mudah mendapatkan perawatan saat mereka sakit atau mengalami masalah kesehatan dan mereka tidak perlu mengambil cuti atau meninggalkan pekerjaan untuk pergi ke pusat kesehatan eksternal.

Tak hanya itu, keberadaan in-house clinic dapat memberikan kesan bahwa perusahaan peduli terhadap kesejahteraan karyawan. Secara tidak langsung, ini dapat meningkatkan loyalitas karyawan dan motivasi karyawan untuk tetap produktif dalam bekerja.

Dalam rangka mendukung perusahaan untuk dalam memberikan akses kesehatan kepada karyawan dengan lebih mudah, Klinik Pintar menghadirkan layanan In House Clinic. In House Clinic by Klinik Pintar akan memastikan bahwa klinik perusahaan dapat terkelola dengan baik.

Apa saja yang bisa didapatkan dari In House Clinic by Klinik Pintar? Berikut ini beberapa keunggulan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Solusi Legal yang Menyeluruh

Seperti halnya klinik lainnya, In House Clinic juga harus taat akan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Namun tak bisa dipungkiri bahwa perusahaan kerap kali mengalami hambatan dalam mengurus legalitas klinik perusahaan.

Dengan In House Clinic by Klinik, Anda tidak perlu khawatir akan legalitas. Sebab, Klinik Pintar akan turut membantu klinik perusahaan dalam menjaga kepatuhan regulasi, seperti izin operasional klinik, staf kesehatan berlisensi, dan sesuai standar maupun akreditasi.

2. Menghadirkan Tenaga Medis & Perawatan yang Komprehensif

In House Clinic by Klinik Pintar menjamin bahwa setiap pasien akan mendapatkan layanan kesehatan terbaik karena Klinik Pintar dilengkapi tenaga medis profesional dan peralatan medis terkelola dengan baik.

3. Perusahaan Mendapatkan Navigasi Kesehatan Karyawan

Perusahaan dapat dengan mudah mengakses data kesehatan karyawan melalui dashboard kesehatan karyawan yang telah dirancang oleh Klinik Pintar, sehingga perusahaan dapat mengetahui data mendalam terkait kesehatan karyawan yang secara tidak langsung perusahaan dapat menghadirkan program perencanaan kesehatan yang efektif.

4. Program Kesehatan Terkurasi

In House Clinic by Klinik Pintar juga menyediakan program kesehatan yang efektif berdasarkan data tren kesehatan karyawan Anda dalam bentuk program preventif atau promotif, seperti:

  • Program pencegahan sindrom metabolik yang meliputi diabetes, asam urat, hipertensi dan berbagai masalah kesehatan lain
  • Konten edukasi kesehatan atau seminar berupa sosialisasi penyakit akibat kerja & kecelakaan akibat kerja
  • Paket immune booster
  • Paket vaksin dewasa

5. Jaminan Kesehatan yang Menyeluruh

Untuk memastikan karyawan Anda mendapatkan jaminan kesehatan terbaik, Klinik Pintar memiliki ekosistem layanan kesehatan holistik untuk memastikan karyawan Anda memiliki akses kesehatan yang terjangkau.

Bahkan, Anda dapat melakukan konsultasi virtual dan online dengan praktisi umum dan spesialis kami, akses tanpa hambatan ke rumah sakit dan mitra laboratorium, bahkan perusahaan bisa memberikan jaminan asuransi kesehatan (Blue Card) kepada karyawan, sehingga karyawan bisa mengakses layanan kesehatan dengan lebih mudah dan cepat tanpa harus membayar langsung, dan biaya kesehatan akan dibayarkan oleh perusahaan kepada Klinik Pintar setiap bulannya.

Untuk informasi lebih lanjut seputar Blue Card, Anda bisa mengaksesnya di sini.

Tunggu apalagi? Yuk kelola klinik perusahaan dengan lebih baik bersama In House Clinic by Klinik Pintar!