Skip to main

Kenapa Perusahaan Skala Besar harus Punya Klinik di Area Perusahaan? Cari Tahu Alasannya!

Semakin tingginya tuntutan pekerjaan, perhatian lebih terhadap kesehatan karyawan sangat lah penting. Salah satu cara perusahaan menunjukkan kepedulian terhadap kesejahteraan karyawan adalah dengan menyediakan fasilitas klinik di lingkungan kerja.

Memiliki klinik di area perusahaan bukan hanya sebuah tren, melainkan sebuah kebutuhan esensial, terlebih bagi perusahaan skala besar.

Berikut beberapa alasan kuat mengapa perusahaan besar sebaiknya mempertimbangkan untuk memiliki klinik perusahaan atau in house clinic.

1. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Dengan adanya klinik di lokasi kerja, karyawan tidak perlu meninggalkan area perusahaan untuk mendapatkan perawatan medis.

Dengan begitu dapat mengurangi waktu yang hilang dan memastikan karyawan bisa kembali bekerja lebih cepat setelah mendapatkan penanganan yang dibutuhkan.

2. Mendukung Kesejahteraan Karyawan

Kesehatan dan kesejahteraan karyawan adalah investasi jangka panjang bagi perusahaan.

Klinik perusahaan membantu mewujudkan hal tersebut karena adanya klinik di area kerja memungkinkan perusahaan untuk memberikan layanan kesehatan berupa pencegahan dan pengobatan secara langsung, mulai dari pemeriksaan rutin hingga penanganan penyakit akut, yang semuanya bertujuan untuk menjaga kesehatan karyawan.

3. Kepatuhan terhadap Regulasi

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, terdapat regulasi yang mewajibkan perusahaan untuk menyediakan fasilitas kesehatan bagi karyawan, terutama untuk perusahaan dengan jumlah karyawan tertentu dan sektor industri tertentu, seperti manufaktur dan konstruksi.

4. Efisiensi Biaya Kesehatan yang Dikeluarkan Perusahaan dalam Jangka Panjang

Meskipun membutuhkan investasi awal, memiliki klinik di perusahaan dapat menghemat biaya jangka panjang yang terkait dengan klaim asuransi kesehatan dan biaya medis lainnya.

Dengan mencegah penyakit dan cedera, serta mengelola kesehatan karyawan melalui program kesehatan karyawan di in house clinic, perusahaan dapat mengurangi pengeluaran.

Misalnya, dengan adanya pemeriksaan kesehatan rutin di klinik perusahaan, gangguan kesehatan yang dialami karyawan dapat dideteksi lebih dini

Tentunya semakin dini pengobatan maka semakin besar peluang pemulihan, sehingga mencegah pembengkakan pengeluaran biaya kesehatan karyawan akibat penyakit kronis.

In House Clinic by Klinik Pintar Solusi untuk Perusahaan yang Kesulitan Kelola Klinik Perusahaan

Memiliki klinik perusahaan adalah langkah strategis bagi banyak perusahaan untuk memastikan kesejahteraan karyawan dan mendukung produktivitas.

Namun, pengelolaan klinik perusahaan sering kali menjadi tantangan tersendiri. Mulai dari manajemen tenaga medis, ketersediaan obat-obatan, hingga kepatuhan terhadap regulasi kesehatan yang ketat, semuanya membutuhkan perhatian dan sumber daya yang tidak sedikit.

Bagi perusahaan yang menghadapi kesulitan ini, In House Clinic by Klinik Pintar adalah solusi yang tepat.

Dengan pengalaman dan keahlian dalam bidang layanan kesehatan, Klinik Pintar menawarkan layanan pengelolaan klinik perusahaan secara menyeluruh.

Apa saja yang bisa Klinik Pintar bantu?

1. Tenaga Medis Profesional

Klinik Pintar menyediakan tenaga medis yang profesional dan berpengalaman, mulai dari dokter umum, dokter spesialis, perawat, hingga petugas apoteker.

Perusahaan tidak perlu khawatir mengenai kebutuhan tenaga medis karena semuanya dikelola oleh Klinik Pintar.

2. Solusi Legal Menyeluruh

Klinik Pintar membantu memastikan bahwa klinik perusahaan Anda beroperasi sesuai dengan regulasi yang berlaku, mulai dari perizinan hingga akreditasi.

3. Manajemen Obat dan Alat Kesehatan

Klinik Pintar memastikan bahwa stok obat dan alat kesehatan selalu terjaga dengan baik.

Sistem inventaris yang efisien dan dan terintegrasi secara digital akan memudahkan tenaga medis untuk memastikan ketersediaan obat dan alat kesehatan setiap saat.

4. Program Kesehatan Lengkap

Untuk memastikan kesehatan karyawan Anda tetap terjaga, Klinik Pintar juga dapat menyediakan berbagai program kesehatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik perusahaan, seperti medical check up rutin, vaksinasi, seminar kesehatan, dan berbagai program kesehatan karyawan lainnya.

5. Dashboard Khusus untuk Memonitoring Kesehatan Karyawan

Memantau kesehatan karyawan secara berkala bukan lagi perkara sulit.

Sebab, Klinik Pintar menyediakan dashboard khusus untuk perusahaan agar dapat memantau kesehatan karyawan secara real-time. Dengan begitu, perusahaan dapat mengambil langkah preventif untuk membuat program kesehatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan karyawan.

Jika perusahaan Anda menghadapi kesulitan dalam mengelola klinik perusahaan, sekarang saatnya untuk beralih ke In House Clinic by Klinik Pintar.

Dengan layanan yang terintegrasi dan lengkap, perusahaan Anda dapat memastikan karyawan mendapatkan perawatan kesehatan terbaik dan pengelolaan klinik pun menjadi lebih mudah dan efisien.

Tertarik untuk bermitra dengan In House Clinic by Klinik Pintar seperti perusahaan besar lainnya? Anda dapat menghubungi Tim Klinik Pintar untuk pertanyaan dan informasi lebih lanjut seputar In House Clinic.

Baca Juga: