Skip to main

Tantangan yang Dihadapi Perusahaan Saat Mengelola In House Clinic

In house clinic atau klinik kesehatan di perusahaan merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh perusahaan untuk para karyawannya.

Fasilitas ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi karyawan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Meskipun memiliki banyak manfaat, pengelolaan in house clinic juga tak semudah yang dibayangkan. Maka tak heran jika banyak perusahaan yang merasa kewalahan dalam mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi.

Lantas, apa saja tantangan yang biasanya dihadapi para perusahaan saat mengelola in house clinic? Yuk simak selengkapnya!

1. Perizinan yang Rumit

Sama seperti klinik kesehatan lainnya, in house clinic di perusahaan juga harus memiliki izin operasional dari pemerintah.

Menjaga kepatuhan terhadap peraturan-peraturan tersebut dan memastikan bahwa semua prosedur medis dilakukan sesuai dengan standar dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama dengan adanya perubahan regulasi yang terus-menerus.

Terlebih bagi yang belum pernah melakukannya, mungkin akan berpikir bahwa proses perizinan cenderung rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

2. Keterbatasan Tenaga Medis

Dalam menjalankan in house clinic di perusahaan, tentunya membutuhkan tenaga medis yang kompeten untuk memberikan layanan kesehatan yang optimal bagi karyawan.

Namun sayangnya, mencari tenaga medis yang kompeten pun diperlukan proses rekrutmen yang tak sebentar. Tentunya, keterbatasan sumber daya tenaga medis ini, terutama dalam kasus spesialis tertentu dapat menghambat efektivitas in house clinic.

Baca Juga:

3. Manajemen dan Administrasi

Mengelola jadwal kunjungan, catatan medis, serta administrasi umum in house clinic memerlukan sistem manajemen yang baik.

Tantangan administratif ini dapat meningkat seiring dengan pertumbuhan perusahaan dan jumlah karyawan yang harus dilayani.

Apabila klinik perusahaan tidak menggunakan sistem manajemen yang baik, nantinya akan berdampak pada data kesehatan karyawan yang tidak akurat.

4. Kesulitan dalam Menghadirkan Program Kesehatan yang Tepat Sasaran

Tidak hanya fokus pada pengobatan penyakit, in house clinic juga perlu mengembangkan program-program kesehatan lainnya seperti pengadaan vaksinasi, pemeriksaan kesehatan rutin, dan edukasi kesehatan sebagai langkah pencegahan penularan penyakit di perusahaan.

Tentunya dalam menghadirkan program kesehatan, perusahaan juga harus berpacu pada tren kesehatan para karyawan, sehingga program kesehatan yang dihadirkan pun tepat sasaran dengan apa yang dibutuhkan karyawan.

In House Clinic by Klinik Pintar, Mitra Terpercaya untuk Kelola Klinik Perusahaan

Bagi Anda yang ingin memfasilitasi klinik di perusahaan namun kesulitan dalam mengelolanya, Anda tak perlu khawatir karena Klinik Pintar hadir untuk membantu kelola klinik perusahaan Anda.

In House Clinic by Klinik Pintar tidak hanya memudahkan Anda, namun juga memastikan bahwa klinik perusahaan dapat terkelola dengan baik, sehingga karyawan mendapatkan layanan kesehatan yang lengkap sesuai kebutuhan.

Apa saja yang bisa didapatkan dari In House Clinic by Klinik Pintar?

1. Solusi Legal yang Menyeluruh

Salah satu tantangan terbesar dalam menghadirkan klinik di perusahaan yaitu harus selalu patuh terhadap regulasi yang berlaku. Namun dengan In House Clinic by Klinik Pintar Anda tak perlu khawatir.

Sebab, Klinik Pintar membantu klinik perusahaan untuk menjaga kepatuhan regulasi, baik itu dari izin operasional klinik, akreditasi, staf berlisensi, hingga operasional klinik sesuai standarisasi.

2. Tenaga Medis Kompeten

Mencari tenaga medis yang kompeten memang tak mudah, terlebih dokter spesialis. Namun, Klinik Pintar menjamin bahwa setiap pasien akan mendapatkan layanan kesehatan terbaik dan berkualitas tinggi dari dokter umum, perawat, maupun tenaga medis lainnya.

3. Program Kesehatan Sesuai Kebutuhan

In House Clinic by Klinik Pintar tidak hanya fokus pada penanganan penyakit, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada pencegahan penyakit dengan menghadirkan program kesehatan yang efektif berdasarkan data tren kesehatan karyawan Anda

Program kesehatan yang dihadirkan dapat berupa:

  • Program pencegahan sindrom metabolik yang meliputi diabetes, asam urat, hipertensi dan berbagai masalah kesehatan lain
  • Konten edukasi kesehatan atau seminar berupa sosialisasi penyakit akibat kerja & kecelakaan akibat kerja
  • Paket immune booster
  • Paket vaksin dewasa

4. Kemudahan Monitoring Data Kesehatan Karyawan

In House Clinic by Klinik Pintar menyadari akan sulitnya mengelola catatan medis karyawan.

Oleh karena itu, In House Clinic by Klinik Pintar menghadirkan dashboard khusus untuk memudahkan perusahaan dalam memonitoring kesehatan karyawan.

Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui data mendalam terkait kesehatan karyawan, yang nantinya dapat dijadikan bahan acuan untuk menghadirkan program perencanaan kesehatan yang efektif.

5. Jaminan Kesehatan yang Menyeluruh

Untuk memastikan karyawan Anda mendapatkan jaminan kesehatan terbaik, Klinik Pintar memiliki ekosistem layanan kesehatan holistik untuk memastikan karyawan Anda memiliki akses kesehatan yang terjangkau.

Tak hanya menghadirkan layanan konsultasi virtual dengan praktisi umum dan spesialis, Anda juga dapat mengakses layanan kesehatan tanpa hambatan di 8 rumah sakit rujukan, 25 mitra laboratorium, 2 pusat distribusi obat, dan ratusan mitra apotek.

Ingin klinik perusahaan terkelola dengan baik? Percayakan klinik Anda pada In House Clinic by Klinik Pintar!