Skip to main

5 Cara Merawat Gigi yang Baru Ditambal dan Pantangan Setelah Tambal Gigi

Menjaga kesehatan gigi adalah hal yang penting, termasuk setelah melakukan prosedur tambal gigi. Tambalan gigi yang kuat dapat membantu mengembalikan fungsi gigi dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Karena itu, diperlukan perawatan gigi yang tepat setelah tambal gigi sangat lah penting untuk membantu menjaga tambalan agar awet dan tahan lama.

Bagi kamu yang baru melakukan prosedur tambal gigi, berikut beberapa cara merawat gigi yang baru tambal.

1. Makan dengan Sisi Gigi yang Lain

Pada dasarnya setelah menjalani prosedur tambal gigi, kamu masih diperbolehkan makan namun pastikan untuk makan atau mengunyah dengan sisi gigi lainnya.

Pasalnya, tambalan gigi yang baru masih rapuh dan membutuhkan waktu untuk mengeras sempurna. Mengunyah di sisi yang ditambal dapat memberikan tekanan berlebihan pada tambalan dan berisiko membuatnya copot atau retak.

2. Berkumur dengan Air Garam atau Obat Antiseptik

Cara merawat gigi tambal yaitu dengan berkumur menggunakan air garam atau obat antiseptik.

Berkumur dengan air garam atau obat kumur tanpa alkohol beberapa kali setelah penambalan gigi dapat membantu membersihkan mulut secara keseluruhan.

Selain itu, berkumur juga dapat mengurangi bau mulut yang mungkin timbul akibat prosedur penambalan gigi.

Kamu bisa berkumur dengan air garam dengan cara mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Lalu, berkumur lah setelah makan dan sebelum tidur.

3. Menyikat Gigi

Tak sedikit yang bertanya-tanya “Bolehkah sikat gigi setelah tambal gigi?” Jawabannya, boleh karena menyikat gigi secara teratur merupakan langkah penting dalam menjaga kebersihan mulut.

Namun untuk 1 hingga 2 hari pertama setelah tambal gigi, dianjurkan untuk tidak menggosok gigi terlalu keras karena pada beberapa jenis semen tambalan baru akan mengeras setelah 1 sampai 2 hari.

Karena itu saat menyikat gigi, gunakan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi berfluoride. Sikat setiap gigi dengan lembut dengan gerakan memutar setidaknya selama dua menit.

Pastikan untuk memerhatikan area di sekitar tambalan dan tempat lain yang sulit dijangkau di mulutmu.

4. Flossing

Cara merawat gigi tambal selanjutnya yaitu dengan flossing. Flossing sama pentingnya dengan menyikat gigi karena membantu menghilangkan penumpukan plak di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

Cara merawat gigi tambal dengan flossing dapat dilakukan dengan menggunakan benang gigi setiap hari, geser benang secara perlahan ke atas dan ke bawah di antara masing-masing gigi sebelum melanjutkan ke gigi berikutnya.

Jika kamu mengalami sensitivitas saat menyikat gigi atau menggunakan benang gigi setelah melakukan penambalan gigi, pertimbangkan untuk menggunakan pasta gigi desensitisasi.

Kamu boleh saja membersihkan gigi dengan benang setelah penambalan, tetapi pastikan tidak mengiritasi area yang terkena, terutama dalam 24 jam pertama.

5. Pemeriksaan Gigi Secara Rutin

Meskipun kamu rutin menjaga kebersihan mulut dengan baik di rumah, namun bukan berarti kamu tidak memerlukan pemeriksaan dari dokter gigi.

Mengunjungi dokter gigi secara rutin adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk memastikan gigi dan tambalan tetap sehat.

Dengan pemeriksaan rutin, dokter gigi tidak hanya akan memeriksa tambalan untuk memastikan kondisinya masih baik, namun juga akan membersihkan gigi secara menyeluruh untuk menghilangkan penumpukan plak atau karang gigi yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Pantangan Setelah Tambal Gigi Sementara dan Permanen

Setelah menjalani prosedur tambal gigi, baik sementara maupun permanen, penting untuk mengikuti beberapa petunjuk perawatan untuk memastikan hasil yang optimal dan mencegah komplikasi.

Selain dengan melakukan cara merawat gigi tambal yang telah disebutkan di atas, kamu juga perlu menghindari beberapa pantangan setelah tambal gigi sementara dan permanen berikut ini:

1. Jangan Sentuh Tambalan Gigi

Pantangan setelah tambal gigi yang pertama yaitu hindari menyentuh tambalan gigi. Menahan diri untuk tidak menyentuh tambalan gigi setelah ditambal mungkin terasa sulit, namun hal ini sangat penting.

Sebab, beberapa jenis tambalan gigi, seperti semen ionomer kaca dan komposit resin, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeras setelah diaplikasikan.

Menyentuh tambalan dapat mengganggu proses pengerasan, bisa menggeser atau mengubah bentuk tambalan, sehingga membuatnya lemah dan mudah copot.

2. Menggeretakkan Gigi

Menggertakkan gigi juga menjadi salah satu pantangan setelah tambal gigi, baik itu tambal gigi permanen maupun tambal gigi sementara.

Jika kamu memiliki kebiasaan menggertakkan gigi, sebaiknya segera lakukan konsultasi ke dokter gigi terdekat karena menggertakkan gigi dapat merusak tambalan dan menyebabkan gigi sensitif dan terkelupas.

3. Hindari Makanan Maupun Minuman Panas atau Dingin

Tambalan gigi yang baru masih lunak dan sensitif terhadap perubahan suhu.

Jadi, hindari konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin selama 24 jam pertama setelah penambalan.

4. Hindari Makanan Keras dan Lengket

Pantangan setelah tambah gigi berikutnya yaitu hindari mengonsumsi makanan keras, kenyal, dan lengket seperti permen, cokelat, keripik, dan daging sapi.

Pasalnya, makanan yang lengket dapat menempel pada tambalan dan berpotensi menyebabkan kerusakan.

Begitu pun dengan makanan keras yang dapat memberikan tekanan berlebih dan berpotensi menyebabkan kerusakan pada tambalan maupun gigi secara keseluruhan.

Biasanya dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsi makanan lengket dan kenyal hingga dua minggu setelah prosedur tambal gigi.

Jika kamu memiliki keluhan setelah prosedur tambal gigi atau kamu membutuhkan layanan tambal gigi, kamu bisa segera melakukan pemeriksaan dan prosedur tambal gigi di Klinik Gigi Muslimedika Bintaro by Klinik Pintar.

Klinik gigi yang berlokasi di Bintaro ini tidak hanya memiliki layanan pemeriksaan gigi dan tambal gigi, namun juga dilengkapi dengan layanan rontgen dental gigi, perawatan saluran akar, cabut gigi, scaling, bleaching gigi, hingga perawatan behel gigi.

Baca Juga:

Sumber:

Chamblee Dental Care. 5 Tips for Dental Filling Aftercare.

Etwall Dental Practice. How To Care For Dental Fillings.

Town Center Dental. 5 Tips For Caring For Your Teeth After Getting Dental Fillings.

Northgate Dental Care. Do's and Don'ts After Dental Fillings.

Wahroonga Dental Group. What Not To Do After A Tooth Filling.

Atasi Masalah Gigi