Skip to main

Hati-hati, Ini 6 Penyakit yang Ditandai dengan Sakit Leher

Sakit leher belakang adalah keluhan yang sering dialami banyak orang. Mulai dari posisi tidur yang salah, bekerja terlalu lama di depan komputer, hingga cedera ringan, semua bisa menjadi pemicunya.

Namun, tahukah kamu bahwa nyeri leher belakang juga bisa menjadi tanda dari penyakit yang lebih serius?

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja penyakit yang ditandai dengan leher belakang sakit. Yuk simak selengkapnya!

1. Saraf Kejepit

Saraf terjepit di tulang belakang juga bisa menjadi alasan kenapa leher sakit. Penyebab sakit leher belakang akibat saraf kejepit ini terjadi ketika bantalan di antara tulang belakang rusak atau menonjol keluar, menekan saraf di sekitarnya.

Hal ini dapat menyebabkan nyeri leher belakang yang parah, sensasi kesemutan, atau mati rasa yang menjalar hingga ke bahu dan lengan.

2. Meningitis

Meningitis adalah infeksi serius akibat virus, infeksi, dan parasit lain yang menyebabkan peradangan pada selaput otak.

Sakit leher belakang yang parah dan kaku adalah salah satu gejala awal meningitis. Selain sakit leher belakang, meningitis juga seringkali disertai dengan demam tinggi, sakit kepala, dan mual.

Faktanya, jika tidak segera diobati, meningitis bisa berakibat fatal.

3. Cervical Spondylosis

Penyebab leher belakang sakit selanjutnya yaitu karena cervical spondylosis. Cervical spondylosis adalah kondisi degeneratif yang memengaruhi sendi dan tulang belakang di leher.

Penyakit ini sering terjadi pada orang yang lebih tua karena faktor penuaan. Gejalanya meliputi sakit leher belakang yang kronis, kekakuan, dan penurunan fleksibilitas leher.

4. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri otot yang meluas, termasuk di leher belakang. Selain sakit leher belakang, penderita fibromyalgia juga dapat mengalami kelelahan, gangguan tidur, dan masalah kognitif.

Penyebab pasti fibromyalgia belum diketahui, tetapi stres, infeksi, atau trauma fisik bisa memicunya.

5. Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi, termasuk di area leher. Pada penyakit ini, sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan sendi.

Rheumatoid arthritis menjadi salah satu alasan kenapa leher sakit. Selain di leher, rasa sakit dan kekakuan juga bisa terjadi di tangan, kaki, pergelangan tangan, dan siku, sehingga memengaruhi mobilitas.

6. Penyakit Degeneratif

Seiring bertambahnya usia, keausan alami dapat menyebabkan bagian tulang belakang leher memburuk atau mengalami degenerasi.

Kondisi degeneratif seperti osteoartritis (pengikisan tulang rawan sendi) dan stenosis tulang belakang (penyempitan ruang di tulang belakang) dapat menyebabkan sakit leher belakang.

Itu dia beberapa penyebab leher belakang sakit. Selain karena faktor medis, sakit leher belakang juga bisa karena otot mengalami ketegangan.

Ketegangan ini sering disebabkan oleh posisi duduk yang buruk, sering membungkuk saat menggunakan perangkat elektronik, atau tidur dengan posisi yang tidak benar.

Sakit Leher Belakang Harus ke Dokter Apa?

Leher belakang sakit bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari tegangan otot sederhana hingga kondisi medis serius.

Jika nyeri leher belakang terjadi secara tiba-tiba, parah, atau tidak membaik dalam beberapa hari, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter spesialis saraf di Neuro Care by Klinik Pintar.

Dengan menggunakan peralatan medis yang canggih dan pengalaman yang luas dalam membantu perawatan berbagai gangguan nyeri, dokter saraf di Neuro Care by Klinik Pintar dapat mengidentifikasi penyebab pasti dari sakit leher belakang yang kamu alami.

Selain nyeri leher belakang, dokter saraf di Neuro Care by Klinik Pintar juga dapat membantu mengatasi berbagai masalah berbagai gangguan saraf lainnya seperti:

Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf di Neuro Care by Klinik Pintar jika kamu mengalami leher belakang sakit. Semakin cepat ditangani, semakin besar pula peluang kamu untuk pulih dan mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Baca Juga:

Sumber:

Mater Private Network. Neck Pain.

ISP Health. Can Neck Pain Be a Sign of Disease?.

Cleveland Clinic. Neck Pain.

Mayo Clinic. Neck pain.

Segera Atasi Sakit Leher