Skip to main

6 Penyebab Kenapa Anak Tidak Bisa Duduk Diam, Benarkah ADHD?

Parents, apakah si kecil cenderung aktif bergerak dan tidak mau duduk diam? Sebagai orang tua, wajar merasa frustasi dan kewalahan ketika anak aktif dan tidak bisa duduk diam.

Namun, perlu diingat bahwa perilaku ini adalah hal yang wajar pada anak-anak, terutama pada usia prasekolah.

Ini karena anak memiliki energi yang berlimpah dan rasa ingin tahu yang besar, sehingga mereka selalu ingin menjelajahi dan belajar dengan cara mereka sendiri.

Namun selain itu, ada beberapa penyebab lain mengapa anak tidak bisa duduk diam. Yuk ketahui apa saja penyebabnya!

Rentang Durasi Fokus dan Waktu Anak Bisa Duduk Diam

Duduk diam adalah keterampilan yang berkembang seiring waktu. Misalnya, sangat sedikit anak usia 4 tahun yang dapat mendengarkan pelajaran sekolah selama satu jam tanpa perlu berpindah-pindah tempat.

Namun sebagian besar anak usia 9 tahun setidaknya bisa mencapai setengahnya. Meski begitu, tidak semua anak berkembang dengan kecepatan yang sama, terutama anak kecil.

Namun ada usia tertentu ketika anak-anak dapat duduk diam selama jangka waktu tertentu:

  • Anak usia 3 tahun: 5–10 menit
  • Anak usia 5 tahun: 15 menit
  • Anak usia 7 tahun: 25 menit
  • Anak usia 10 tahun: 40 menit

Penyebab Anak Tidak Bisa Duduk Diam

Ada beberapa penyebab kenapa anak cenderung tidak bisa diam. Sebagai orang tua, penting untuk mengetahui penyebabnya berikut ini:

1. Usia dan Tahap Perkembangan

Penyebab anak tidak bisa duduk diam bisa karena si masih dalam tahap perkembangan. Anak-anak, terutama yang masih balita, memiliki energi yang besar dan rasa ingin tahu yang tinggi. Mereka secara alami ingin terus bergerak dan menjelajahi lingkungannya.

Kemampuan mereka untuk duduk diam dan fokus pada satu hal dalam waktu lama masih terus berkembang. Karena itu, duduk diam untuk waktu yang lama mungkin sulit bagi mereka.

2. Kebutuhan Aktivitas Fisik

Anak-anak membutuhkan aktivitas fisik yang cukup untuk membakar energi dan membantu perkembangan fisik serta mental mereka.

Pasalnya, gerakan dan olahraga sama pentingnya dengan makanan bagi anak untuk tetap mengembangkan dan mematangkan sistem saraf, meningkatkan koordinasi, dan kekuatan motorik.

Kurangnya aktivitas fisik dapat menyebabkan anak gelisah dan sulit untuk fokus, sehingga anak tidak bisa duduk diam.

3. Stimulasi Berlebih

Lingkungan yang terlalu ramai atau bising dapat membuat anak kewalahan dan sulit untuk fokus.

Tak hanya itu, efek terlalu banyak menonton TV atau bermain gadget juga dapat menyebabkan stimulasi berlebihan. Pada akhirnya anak menjadi sulit fokus dan tidak bisa diam dalam waktu yang lama.

4. Kurang Tidur

Kurang tidur merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan anak tidak bisa duduk diam.

Hal ini dikarenakan kurangnya istirahat dapat mengganggu fungsi otak dan tubuh anak, juga dapat menyebabkan kelelahan fisik, sehingga mereka menjadi lebih sulit untuk fokus, gelisah, dan sulit mengendalikan diri.

5. Gangguan Perhatian dan Hiperaktivitas (ADHD)

Tak sedikit orang tua yang bertanya-tanya “Anak tidak bisa diam apakah hiperaktif?”

Ya, salah satu penyebab anak tidak bisa duduk diam yaitu karena mereka mengalami kondisi Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), istilah medis untuk gangguan mental berupa perilaku impulsif dan hiperaktif

ADHD adalah kondisi neurologis yang dapat menyebabkan anak sulit untuk fokus, berperilaku impulsif, dan hiperaktif.

Meski begitu, tidak semua kasus anak tidak bisa diam dapat dikatakan sebagai anak hiperaktif. Sebab, ada banyak penyebab yang membuat anak tidak bisa diam.

Jika parents menduga si kecil mungkin mengidap ADHD, penting untuk berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

6. Sensory Processing Disorder

Sensory Processing Disorder (SPD) adalah kondisi yang dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan memproses informasi sensorik dari lingkungan mereka.

Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah perilaku, termasuk kesulitan duduk diam, fokus, dan mengikuti instruksi.

Tips Mengatasi Anak yang Tidak Bisa Duduk Diam

Apabila parents melihat si kecil tampaknya tidak bisa duduk diam, ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi anak yang tidak bisa duduk diam.

Hal terpenting untuk mengatasinya yaitu dengan memahami penyebabnya. Jika anak Anda masih dalam usia prasekolah, tidak bisa duduk diam adalah hal yang wajar karena mereka memang belum memiliki kemampuan untuk fokus dalam waktu lama.

Apabila si kecil tidak bisa duduk diam karena membutuhkan lebih banyak energi yang harus dikeluarkan, Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain di luar ruangan, berolahraga, atau melakukan aktivitas fisik lainnya minimal 30 menit setiap hari.

Jika parents merasa khawatir dengan perilaku si kecil yang mengindikasikan masalah ADHD atau gangguan sensorik, penting untuk segera konsultasikan dengan dokter atau psikolog anak untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.

Klinik Tumbuh Kembang Anak Armedika Kelapa Gading by Klinik Pintar hadir untuk membantu Anda mengatasi masalah tumbuh kembang anak, termasuk anak yang tidak bisa diam.

Klinik tumbuh kembang anak di Kelapa Gading, Jakarta Utara ini memiliki tim psikolog anak, dokter spesialis anak, dan terapis yang berpengalaman dan profesional, serta menyediakan berbagai layanan terapi untuk mengatasi anak yang tidak bisa diam.

Yuk segera jadwalkan konsultasi dan terapi untuk mengatasi anak yang tidak bisa diam di Website Armedika Kelapa Gading by Klinik Pintar.

Baca Juga:

Sumber:

Joon. Why Can't My Child Sit Still? Look At This Top Reason. 22 September 2022.

Pediastaff. Twenty-Two Reasons Why a Child Can't Sit Still.

Ohana Occupational Therapy. 5 Reasons Why Your Child Won’t Sit Still.

Atasi Anak Susah Diam