Skip to main

7 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Asam lambung adalah kondisi medis yang sering dialami oleh banyak orang. Naiknya asam lambung bisa sangat mengganggu kenyamanan. Terlebih gejala asam lambung seperti asa terbakar di dada (heartburn) dan mual bisa datang kapan saja.

Bagi penderita asam lambung, menjaga pola makan sangat penting untuk mencegah kambuhnya gejala.

Untuk meredakan dan mencegah asam lambung naik, selain minum obat, ada juga pantangan makanan yang perlu dihindari.

Lantas penderita asam lambung tidak boleh makan apa saja? Berikut daftar makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

1. Makanan Pedas

Bagi kamu yang menyukai makanan pedas namun memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya mulai sekarang hindari makanan pedas.

Cabai rawit, chili oil, saus pedas, paprika, wasabi, mengandung zat yang disebut capsaicin, yaitu senyawa kimia yang memberi rasa pedas.

Makanan pedas memang tidak secara langsung menyebabkan naiknya asam lambung pada semua orang, namun kandungan capsaicin dapat menyebabkan sensasi terbakar pada selaput lendir saluran pencernaan dan meningkatkan produksi asam lambung.

2. Tomat

Rasa gurih dan sedikit asam membuat tomat kerap dijadikan bahan pelengkap makanan. Bahkan tak jarang dijadikan sebagai saus untuk berbagai makanan seperti pizza atau lasagna.

Namun sayangnya tomat menjadi salah satu makanan pantangan asam lambung karena rasa asamnya dapat meningkatkan kadar asam lambung.

Selain itu, saus tomat sering kali mengandung bawang merah dan bawang putih, yang juga dapat memicu naiknya asam lambung.

3. Buah dan Makanan Asam

Selain tomat, sejumlah buah dan makanan asam lainnya seperti lemon, jeruk, nanas, dan jeruk nipis juga menjadi makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

Ini karena makanan yang identik dengan rasa asam mengandung asam sitrat dalam jumlah tinggi.

Kandungan asam sitrat dapat menyebabkan perut memproduksi lebih banyak asam lambung. Akibatnya, perut terasa lebih kenyang atau kembung dan kemungkinan terjadinya refluks pun meningkat.

4. Bawang Putih dan Bawang Merah

Jika kamu bertanya “Asam lambung tidak boleh makan apa?” Jawabannya bawang putih dan bawang merah, terutama bawang yang masih mentah.

Melansir dari beberapa sumber, banyak orang melaporkan bahwa bawang merupakan pemicu gejala naiknya asam lambung.

5. Yogurt dan Produk Susu

Tak sedikit orang yang mengira bahwa produk susu, seperti susu murni dapat meredakan sakit tenggorokan atau sakit perut.

Namun kenyataannya, susu dan produk olahannya yang tinggi lemak seperti keju dan yogurt justru dapat memperparah sakit maag.

Selain itu, produk susu dingin seperti es krim juga dapat membuat mati rasa dan menghambat fungsi sfingter esofagus bagian bawah. Akibatnya, asam lambung akan lebih mudah mengalir kembali ke kerongkongan.

Jika kamu bersikeras untuk memasukkan produk susu ke dalam menu makanan, pilihlah produk susu rendah lemak atau makanan yang terbuat dari susu nabati.

6. Makanan Tinggi Lemak

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung penderita asam lambung selanjutnya yaitu makanan yang digoreng dan juga tinggi lemak.

Secara alami, makanan yang digoreng mengandung banyak lemak jenuhnya. Perlu diketahui bahwa lemak jenuh membutuhkan waktu lebih lama untuk terurai di perut.

Untuk memecah lemak kompleks ini, perut akan memproduksi lebih banyak asam. Akibatnya, perutmu akan menjadi lebih kenyang dan meningkatkan kemungkinan terjadinya refluks.

Tak hanya itu, makanan berlemak juga menyebabkan pelepasan hormon yang disebut kolesistokinin (CCK). CCK menyebabkan sfingter esofagus bagian bawah berelaksasi.

Katup ini seharusnya mencegah muntahan apa pun dari lambung ke kerongkongan, tetapi bisa gagal jika terlalu rileks.

Makanan yang digoreng dan berlemak tinggi yang harus dihindari penderita GERD di antaranya gorengan, daging merah tinggi lemak, mentega, produk susu berlemak penuh.

7. Cokelat

Siapa sangka, cokelat yang dikenal sebagai makanan favorit bagi banyak orang ternyata termasuk menjadi pantangan bagi penderita asam lambung.

Ini karena cokelat mengandung serotonin, hormon yang membantu mengatur suasana hati kita. Namun, serotonin juga dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah dan memungkinkan terjadinya refluks asam.

Baca Juga:

Penyebab Asam Lambung Naik

Selain mengonsumsi jenis makanan tertentu seperti makanan berlemak, pedas, asam, cokelat yang dapat menjadi penyebab asam lambung naik, ada pula beberapa penyebab lainnya yang mungkin bisa kamu hindari.

Berikut beberapa penyebab asam lambung yang perlu kamu ketahui:

  • Kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum alkohol berlebihan, dan langsung tidur setelah makan bisa melemahkan LES dan memperparah asam lambung naik
  • Obesitas dapat meningkatkan tekanan pada perut, sehingga mendorong asam lambung naik ke kerongkongan
  • Pola makan yang tidak teratur seperti terlambat makan atau makan terlalu banyak makan juga bisa menjadi penyebab asam lambung naik

Itu dia beberapa makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung atau sebaiknya dikurangi untuk mencegah terjadinya asam lambung naik.

Jika kamu sering mengalami asam lambung naik dan disertai dengan gejala yang berat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter di Jaringan Klinik Pintar terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber:

The Surgical Clinic. Gerd Diet: Foods To Avoid And Foods That Help.

Rennie. Foods to avoid if you suffer from acid reflux.

Gastroenterology. Acid Reflux Diet: 8 Foods to Avoid & Eat. 20 Februari 2024.

Onpoint Nutrition. Worst Foods for Acid Reflux

Segera Atasi Masalah Asam Lambung