Skip to main

9 Cara Mengatasi Vertigo tanpa Obat

Vertigo adalah sensasi pusing berputar yang seringkali disebabkan oleh telinga bagian dalam dan dapat dipicu oleh kondisi seperti BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo), penyakit Meniere, dan neuritis vestibular.

Faktor lain, seperti migrain atau cedera kepala, juga dapat menyebabkan vertigo. Tentunya gejala vertigo bisa sangat mengganggu dan membuat penderitanya sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Meskipun obat-obatan seringkali diresepkan untuk mengatasi vertigo, namun ada beberapa cara alami yang dapat membantu meredakan gejala tanpa harus minum obat.

Nah bagi kamu yang sedang mengalami vertigo tapi tidak ingin langsung minum obat, berikut cara mengatasi vertigo secara alami yang bisa kamu lakukan.

1. Istirahat

Saat vertigo menyerang, hal pertama yang perlu dilakukan adalah berhenti beraktivitas dan mencari tempat yang tenang untuk duduk atau berbaring.

Tutup mata dan atur napas dengan perlahan dan dalam. Hindari gerakan mendadak yang dapat memperburuk rasa pusing.

Tidur dan istirahat yang berkualitas sangat penting untuk mengatasi vertigo, sebab kelelahan dapat memperburuk kondisi dan gejala penyakit vertigo.

Untuk mencegah gejala vertigo, pastikan kamu mempertahankan jadwal tidur yang konsisten, dan terapkan posisi tidur yang tepat untuk meminimalkan risiko episode vertigo, seperti meninggikan kepala sedikit dengan bantal dan menghindari gerakan tiba-tiba saat bangun dari tempat tidur.

2. Manuver Epley

Manuver Epley merupakan salah satu cara mengatasi vertigo tanpa obat yang bisa kamu lakukan. Teknik ini dikenal dan memang dirancang untuk meringankan gejala BPPV, penyebab umum vertigo.

Manuver ini melibatkan serangkaian gerakan kepala dan tubuh tertentu yang dilakukan di oleh dokter untuk membantu mengeluarkan partikel kalsium kecil penyebab vertigo dari kanalis semisirkularis telinga bagian dalam ke area yang kurang sensitif.

  • Untuk memulai, duduklah tegak pada permukaan yang datar, letakkan bantal di belakang tubuhmu dan rentangkan kakimu
  • Putar kepala sejauh 45 derajat ke kanan, dan segera baringkan tubuh ke kiri.
  • Pertahankan posisi ini selama 1 menit
  • Lalu putar kepala secara perlahan 90 derajat ke kiri tanpa mengangkat leher dan tahan selama 30 detik
  • Kemudian, miringkan tubuh ke kiri sambil tetap mempertahankan kepala menghadap ke kiri selama 30 detik
  • Kembalilah ke posisi awal secara bertahap, duduk tegak dan tatap ke depan

3. Manuver Foster

Selain Manuver Epley, kamu juga bisa melakukan Manuver Foster untuk menangani BPPV di rumah.

Manuver Foster atau yang dikenal sebagai Manuver Half Somersault ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatur ulang posisi kristal kalsium di telinga bagian dalam.

Teknik ini mirip dengan Manuver Epley tetapi melibatkan gerakan yang berbeda. Yuk lakukan cara berikut:

  • Pasien memulai dengan berlutut dan menundukkan kepala ke bawah, seperti sedang melakukan posisi sujud, dengan dagu menyentuh dada
  • Kepala kemudian digerakkan lebih jauh ke bawah hingga dahi menyentuh lantai. Pada posisi ini, partikel di dalam telinga akan mulai bergerak keluar dari kanal semisirkularis.
  • Setelah beberapa detik, kepala diangkat hingga punggung lurus, tetapi kepala tetap ditundukkan
  • Kepala kemudian diputar ke arah telinga yang terkena BPPV. Jika kamu merasa vertigo, ini berarti partikel sedang bergerak keluar dari kanal semisirkularis
  • Kepala kemudian kembali ditundukkan ke lantai dan kembali ke posisi berlutut dengan kepala tetap menunduk
  • Setelah itu kamu bisa bangkit perlahan-lahan dari posisi berlutut

4. Manuver Semont-Toupet

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa manuver Semont-Toupet dapat membantu mengatasi vertigo tanpa obat.

  • Mulailah dengan duduk di tepi tempat tidurmu
  • Putar kepala 45 derajat ke kanan dan segera berbaring miring ke kiri. Tahan posisi ini selama satu menit
  • Segera ubah posisi tubuh untuk berbaring miring ke kanan tanpa mengubah arah kepala (jadi sekarang kamu melihat ke bawah secara diagonal ke arah lantai). Tahan posisi ini selama satu menit
  • Secara perlahan kembalilah duduk di tepi tempat tidur dan jaga kepala tetap tegak selama 10 menit

5. Manuver Brandt-Daroff

Karena mudah dilakukan, Manuver Brandt-Daroff juga paling sering disarankan bagi orang yang mengalami vertigo.

Latihan Brandt-Daroff dapat menyebabkan pusing yang parah untuk waktu yang singkat. Oleh karena itu, kamu hanya boleh melakukannya jika kamu berada di lokasi yang aman dan tidak akan mengemudi dalam waktu lama.

Latihan ini dapat dilakukan dalam set lima kali pengulangan, tiga kali sehari atau dua kali seminggu.

Berikut cara melakukan Manuver Brandt-Daroff:

  • Mulailah dengan duduk tegak di tepi tempat tidur
  • Putar kepala 45 derajat ke kiri, lalu berbaring miring ke kanan. Tahan posisi ini selama 30 detik atau sampai pusing hilang
  • Duduklah dan putar kepala kembali ke tengah
  • Putar kepala 45 derajat ke sisi kanan lalu berbaringlah di sisi kiri. Tahan posisi ini selama 30 detik atau sampai pusing hilang
  • Duduklah dan putar kepala kembali ke tengah

6. Konsumsi Teh Jahe

Cara mengatasi vertigo tanpa obat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh jahe. Teh jahe merupakan obat alami sederhana yang dikenal karena khasiatnya sebagai antiradang dan antimual. ​​

Meskipun tidak dapat menyembuhkan vertigo secara langsung, namun teh jahe dapat menjadi pilihan terbaik untuk mengurangi gejala yang biasanya muncul bersamaan dengan gejala vertigo, seperti mual dan muntah.

Obat herbal ini tidak hanya bermanfaat untuk meredakan beberapa gejala vertigo, tetapi juga meningkatkan hidrasi.

7. Ginkgo Biloba

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Otolaryngology, ginkgo biloba merupakan salah satu cara mengobati vertigo yang cukup ampuh.

Ramuan Cina ini bekerja dengan cara mengendalikan aliran darah ke otak untuk meredakan vertigo dan masalah keseimbangan.

Ginkgo Biloba adalah suplemen alami yang berasal dari daun pohon Ginkgo, yang disebut-sebut memiliki potensi untuk meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan peredaran darah.

Bagi mereka yang mengalami vertigo, Ginkgo Biloba berpotensi memberikan kelegaan dengan meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat menstabilkan fungsi telinga bagian dalam dan mengurangi gejala.

Namun sebelum mengonsumsi ginkgo biloba, pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya. Terlebih jika kamu sedang mengonsumsi obat lain yang dikhawatirkan dapat menimbulkan interaksi obat.

8. Minum Banyak Air

Cara mengatasi vertigo secara alami selanjutnya yaitu dengan minum banyak air putih. Minum air putih yang cukup sepanjang hari membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh, mendukung kesehatan telinga bagian dalam, dan berpotensi mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan vertigo.

Selain minum air putih, kamu juga dapat memasukkan makanan yang kayak air ke dalam pola makan, seperti buah-buahan dan sayuran, untuk membantu hidrasi.

9. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti peppermint, jahe, lavender, dan lemon merupakan alternatif cara mengobati vertigo yang juga bisa kamu coba.

Sebelum menggunakan minyak esensial secara topikal, kamu bisa menghirup minyak esensial melalui infuser atau diencerkan dengan carrier oil.

Itu dia beberapa cara mengatasi vertigo tanpa obat yang bisa kamu coba di rumah. Penting untuk diingat bahwa cara-cara ini mungkin tidak efektif untuk semua orang.

Jika vertigo yang kamu alami parah atau sering kambuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter saraf untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Kamu bisa melakukan konsultasi dengan dokter saraf di Neuro Care Wijaya by Klinik Pintar. Salah satu klinik spesialis saraf terbaik di Jakarta ini telah bekerja sama dengan puluhan dokter saraf terbaik yang bisa membantu kamu mendiagnosis gangguan saraf seperti vertigo dengan tepat.

Baca Juga:

Sumber:

Everyday Health. Home Remedies and Integrative Treatments for Vertigo. 12 Oktober 2022.

Rela Institute. Home Remedies For Vertigo. 6 Januari 2023.

Star Health. Ten Natural Home Remedies for Vertigo.

Integrity Physiotherapy. How to Treat Vertigo at Home. 31 Januari 2024.

Segera Atasi Vertigo