Skip to main

Klinik Pintar Gaungkan #BanggaPakaiRME: Dorong Penerapan RME

Program implementasi Rekam medis elektronik (RME) di fasilitas kesehatan masyarakat menjadi semakin gencar dilakukan sejalan dengan misi pemerintah untuk mentransformasikan penggunaan rekam medis berbasis digital di seluruh faskes.

Masih banyaknya penggunaan rekam medis berbasis manual atau konvensional di faskes khususnya di klinik menjadi tantangan besar bagi pemerintah. Dengan adanya peraturan perundang-undangan (Permenkes No. 24 Tahun 2022) terkait penggunaan RME atau rekam medis elektronik, kini semakin banyak klinik yang mulai beralih ke sistem digital.

Kemenkes RI mendorong penggunaan RME dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan primer di Indonesia. Melalui program ini, Kemenkes berharap dapat menciptakan layanan kesehatan yang lebih terpadu dan efektif, yang dapat membantu mempercepat penanganan pasien dan meminimalkan biaya perawatan.

Namun, transformasi ini tentu tidak mudah dilakukan dan membutuhkan banyak bantuan dari berbagai pihak.

2. Klinik Pintar Gaungkan #BanggaPakaiRME.jpg

Klinik Pintar Gaungkan #BanggaPakaiRME

Sejalan dengan misi Kemenkes RI, Klinik Pintar hadir untuk membantu klinik dan faskes di Indonesia beralih ke Rekam Medis Elektronik dengan Aplikasi Klinik Pintar. Klinik Pintar sadar bahwa penggunaan sistem digital akan memberikan dampak signifikan bagi operasional, pelayanan, hingga bisnis klinik.

Selain itu, Klinik Pintar juga menyadari akan kesulitan dan tantangan yang dihadapi oleh setiap fasilitas kesehatan di tanah air. Klinik-klinik yang berada di berbagai daerah masih memiliki hambatan seperti belum adanya akses sistem yang terstandar,

Baca juga:

SDM klinik yang belum mampu mengaplikasikan sistem elektronik, bahkan masih banyak klinik di Indonesia yang masih belum mengetahui pentingnya penggunaan Rekam Medis Elektronik.

Melalui #BanggaPakaiRME, Klinik Pintar terus berupaya dalam mendorong dan membantu klinik untuk segera beralih ke Aplikasi Klinik Pintar, salah satunya melalui implementasi sistem digital RME.

Rekam medis berbasis digital erat kaitannya dengan perkembangan teknolog. Klinik yang telah memakai fitur ini adalah klinik yang sudah melek teknologi, modern, dan adaptif sehingga menjadi kebanggaan tersendiri ketika bisa mengadopsi teknologi terbaru.

3. RME di Aplikasi Klinik Pintar Memaksimalkan Operasional Klinik (1).jpg

RME di Aplikasi Klinik Pintar Memaksimalkan Operasional Klinik

Kehadiran tagline #BanggaPakaiRME yang kami gaungkan memberikan dampak besar bagi masyarakat untuk menyadari manfaat dari penggunaan RME dalam mempercepat proses diagnosa, pengobatan, dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.

Rekam medis elektronik di Aplikasi Klinik Pintar memungkinkan para dokter dan tenaga medis untuk dengan mudah mengakses informasi pasien dengan cepat, mengurangi kemungkinan kesalahan data dan mempercepat proses pelayanan. RME juga dapat membantu dalam pengambilan keputusan medis dengan memberikan informasi terkini dan akurat tentang kondisi pasien.

Platform digital SATUSEHAT milik Kemenkes turut berperan penting dalam mendukung implementasi RME di Indonesia. Dalam platform SATUSEHAT, seluruh data pasien saling terintegrasi dengan antar faskes.

Aplikasi Klinik Pintar yang telah terintegrasi dengan SATUSEHAT menyediakan Rekam Medis Elektronik untuk mempercepat proses pelayanan kesehatan di klinik.

Tidak hanya membantu operasional klinik, pasien yang berkunjung ke klinik juga dapat merasa lebih nyaman karena data mereka dapat diakses secara cepat dan mudah oleh dokter dan tenaga medis.

4. Mari Beralih ke Rekam Medis Elektronik.jpg

Mari Beralih ke Rekam Medis Elektronik

Klinik Pintar menyadari bahwa transformasi sistem digital di Indonesia membutuhkan bantuan dan kesadaran dari masyarakat. Dengan menggaungkan #BanggaPakaiRME, Klinik Pintar berharap masyarakat dapat turut mempromosikan penggunaan Rekam Medis Elektronik dan membantu meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Mari beralih ke Aplikasi Klinik Pintar untuk penggunaan RME. Transformasi sistem klinik Anda dengan mudah bersama kami, mulai dari perencanaan, pelatihan hingga implementasi. Bersama Klinik Pintar, kita #BanggaPakaiRME.