Skip to main

Rekomendasi 11 Obat Asam Urat, Ampuh Redakan Nyeri!

Asam urat atau gout merupakan salah satu jenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal urat di dalam sendi.

Penyakit asam urat biasanya terjadi akibat kadar asam urat dalam darah lebih tinggi dari angka normal, yaitu berkisar antara 3,4 hingga 7,0 mg/dL untuk pria dewasa dan 2,4 hingga 6,0 mg/dL untuk wanita dewasa.

Saat kadar asam uratmu tinggi, kamu bisa merasakan gejala yang menyakitkan hingga mengganggu aktivitasmu.

Bagi kamu yang mengalami asam urat tinggi, ada beberapa rekomendasi obat asam urat yang bisa membantu meredakan nyeri dan mengontrol kadar asam urat dalam tubuh. Yuk simak rekomendasinya!

Gejala Asam Urat

Saat kadar asam urat dalam darah tinggi, kamu bisa merasakan beberapa atau salah satu gejala asam urat berikut ini:

  • Nyeri sendi yang hebat terutama pada sendi-sendi yang terletak di bagian bawah tubuh, seperti sendi jari kaki, lutut, siku, pergelangan kaki, tangan, dan pergelangan tangan
  • Sendi yang terkena asam urat dapat mengalami pembengkakan, kemerahan, dan terasa hangat
  • Keterbatasan gerak pada sendi yang terkena akibat nyeri hebat dan pembengkakan juga menjadi salah satu gejala asam urat
  • Saat nyeri mulai mereda, biasanya penderita asam urat akan mengalami ketidaknyamanan sendi selama beberapa hari hingga beberapa minggu

Gejala asam urat di atas bisa berlangsung sekitar 5 hingga 10 hari.

Obat Asam Urat di Apotik

Untungnya, kadar asam urat dapat dikontrol dan gejalanya bisa diredakan dengan berbagai obat asam urat di apotik. Berikut beberapa rekomendasi obat asam urat yang ampuh meredakan nyeri.

1. Allopurinol

Allopurinol adalah obat yang sering diresepkan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Obat ini bekerja dengan menghambat enzim xanthine oxidase yang bertanggung jawab dalam pembentukan asam urat.

Allopurinol biasanya diresepkan untuk penggunaan jangka panjang dan tidak dianjurkan digunakan saat serangan akut.

Allopurinol biasanya dikonsumsi dengan dosis rendah, sekitar 100 mg per hari dan dapat ditingkatkan sesuai dengan respons pasien dan kadar asam urat darah.

2. Colchicine

Colchicine merupakan obat yang efektif dalam mengatasi serangan asam urat akut. Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan nyeri yang disebabkan oleh kristal asam urat di persendian.

Obat asam urat yang tersedia di apotik ini tidak menurunkan kadar asam urat, tetapi efektif dalam mengurangi gejala serangan.

Dosis awal penggunaan colchicine biasanya diberikan dalam jumlah besar dan kemudian dikurangi setelah nyeri mulai mereda.

3. Febuxostat

Febuxostat adalah obat asam urat yang juga tersedia di apotik sebagai alternatif lain untuk allopurinol, terutama bagi pasien yang tidak dapat mentoleransi allopurinol.

Obat ini juga bekerja dengan menghambat enzim xantin oksidase dan efektif dalam menurunkan kadar asam urat.

Dosis awal febuxostat untuk asam urat biasanya 40 mg per hari, dan dapat ditingkatkan hingga 80 mg per hari jika kadar asam urat tidak kunjung turun.

4. NSAID (Non-Steroidal Anti-Inflammatory Drugs)

Obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti ibuprofen sering kali digunakan untuk mengurangi nyeri selama serangan asam urat.

Obat ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan meredakan nyeri. NSAID dapat dibeli tanpa resep dokter di apotik, namun penggunaannya harus sesuai petunjuk untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

5. Probenecid

Probenecid adalah obat asam urat di apotik yang membantu tubuh mengeluarkan asam urat melalui urine.

Obat ini sering digunakan pada pasien yang memiliki kadar asam urat tinggi tetapi tidak mengalami serangan akut.

Obat Asam Urat Alami

Selain dengan penggunaan obat asam urat yang tersedia di apotik, ada juga beberapa pilihan obat asam urat alami yang dapat meredakan nyeri secara efektif.

Berikut beberapa rekomendasi obat asam urat alami yang bisa kamu coba di rumah.

1. Ceri

Salah satu pengobatan rumahan yang paling populer untuk asam urat adalah ceri.

Buah yang identik dengan warna merah bercita rasa lezat ini selain mengandung vitamin C, ceri juga mengandung pigmen yang disebut antosianin, antioksidan kuat dan antiperadangan.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memakan ceri secara teratur dapat membantu mengurangi frekuensi serangan asam urat dan menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Tak hanya itu, ceri juga kaya akan flavonoid yang disebut quercetin, yang dapat membantu mencegah pembentukan asam urat.

Sebagai obat asam urat, buah ceri bisa dimakan secara langsung atau dijadikan jus.

2. Kunyit

Kunyit juga dikenal sebagai obat asam urat alami. Ini karena kunyit memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan baik untuk kesehatan persendian.

Bahan aktif kurkumin dalam kunyit dapat membantu meringankan rasa sakit dan bengkak akibat serangan asam urat, terutama bila dikombinasikan dengan piperine dari lada hitam.

3. Jahe

Jahe adalah obat asam urat alami lainnya yang patut dicoba. Jahe telah lama dikenal memiliki sifat anti-inflamasi yang disebut gingerol dan shogaol, serta analgesik.

Mengonsumsi teh jahe atau menambahkan jahe dalam masakan sehari-hari dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada persendian yang disebabkan oleh asam urat.

Tak hanya meringankan gejala asam urat, sebuah studi juga menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam jahe mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

4. Minum Banyak Air Putih

Cara mengobati asam urat selanjutnya yaitu dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi.

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda berdasarkan gaya hidup, cuaca, aktivitas, dan pola makan, namun tetap terhidrasi dengan cukup sesuai kebutuhanmu sangat penting untuk mencegah serangan asam urat.

Minum banyak air dapat membantu membuang asam urat berlebih dari tubuh melalui urin. Karena itu, pastikan kamu minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk menjaga hidrasi tubuh dan membantu proses detoksifikasi.

5. Seledri

Seledri (Apium graveolens) memiliki sifat antioksidan, antiinflamasi, dan mengandung flavonoid apigenin yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Para peneliti telah menemukan beragam antioksidan dalam seledri yang berguna untuk mengobati berbagai kondisi yang diperburuk oleh peradangan nyeri sendi, seperti radang sendi, asam urat, infeksi ginjal dan hati, kelainan kulit, sindrom iritasi usus besar, dan infeksi saluran kemih, dan masih banyak lagi.

Cara mengobati asam urat dengan seledri bisa dengan mengonsumsi seledri dalam bentuk jus, salad, atau ekstrak biji seledri yang banyak dijual dalam bentuk suplemen.

6. Vitamin C

Beberapa bukti menunjukkan vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat. Namun perlu dicatat bahwa suplemen vitamin C tidak cocok untuk semua orang.

Orang dengan penyakit ginjal harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen vitamin C.

Tak hanya itu, vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan beberapa jenis zat besi dari makanan, sehingga penderita hemokromatosis sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen vitamin C.

Jadi apapun kondisimu, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menggabungkan obat apa pun dengan suplemen vitamin C.

Itu dia rekomendasi obat asam urat di apotik hingga pengobatan alami. Pengobatan asam urat secara alami memang memerlukan waktu dan kesabaran, namun dengan rutin menerapkan langkah-langkah di atas, kamu dapat mengurangi gejala dan mencegah serangan asam urat di masa depan.

Selalu konsultasikan dengan dokter di Jaringan Klinik Pintar terdekat sebelum mencoba pengobatan baru untuk mengatasi asam urat, terutama jika kamu memiliki kondisi medis lain atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Baca Juga:

Sumber:

Verywell Health. Using Natural Remedies for Gout. 9 Maret 2024.

Nutratea. 7 Natural Remedies For Gout To Try At Home.

Rupa Health. 7 Natural Treatments For Gout That You Can Start Today. 20 Juli 2022.

Dr Axe. 6 Gout Remedies that Work. 8 Juni 2017.

Segera Atasi Asam Urat