Skip to main

Jaminan Kesehatan Karyawan Cashless Vs Reimburse, Mana yang Terbaik?

Memilih sistem jaminan kesehatan yang tepat untuk karyawan merupakan keputusan penting bagi perusahaan.

Saat ini, ada dua pilihan utama sistem jaminan kesehatan karyawan yang tersedia, seperti jaminan kesehatan sistem cashless dan reimburse atau medical reimbursement.

Tentunya, masing-masing jaminan kesehatan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sehingga penting untuk memahami perbedaannya sebelum memutuskan mana yang terbaik untuk perusahaan Anda.

Jaminan Kesehatan Karyawan Sistem Cashless

Pada sistem cashless, karyawan bisa langsung mendapatkan perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan, baik itu klinik maupun rumah sakit tanpa perlu membayar di muka.

Biaya pengobatan akan ditanggung langsung oleh perusahaan penjamin, sehingga karyawan hanya perlu menunjukkan kartu jaminan kesehatan mereka.

Sistem ini memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

1. Lebih Praktis dan Mudah

Dengan jaminan kesehatan sistem cashless, karyawan tidak perlu mengeluarkan uang tunai di awal saat berobat di rumah sakit atau klinik rekanan.

Hal ini tentunya akan membantu meringankan beban finansial karyawan.

2. Proses Klaim yang Lebih Cepat

Klaim jaminan kesehatan dapat dilakukan secara langsung di rumah sakit atau klinik rekanan hanya dengan menunjukkan kartu jaminan kesehatan, sehingga prosesnya lebih cepat dan mudah.

Karyawan pun tidak perlu repot mengurus dokumen klaim dan menunggu lama untuk mendapatkan reimbursement dari perusahaan.

Sebab, proses klaim jaminan kesehatan akan diurus langsung oleh pihak penjamin dan rumah sakit

Tak hanya memudahkan karyawan, jaminan kesehatan karyawan dengan sistem cashless pun dapat mempermudah perusahaan dalam pengurusan administrasi dan pengelolaan biaya kesehatan karyawan.

3. Medical Reimbursement

Berbeda dengan jaminan kesehatan sistem cashless, pada sistem reimburse karyawan harus membayar biaya pengobatan di awal dengan uang pribadi, kemudian mengajukan klaim kepada perusahaan untuk mendapatkan penggantian biaya.

Meski begitu, sistem ini memiliki keuntungan di mana karyawan dapat memilih untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit atau klinik mana pun sesuai dengan preferensi..

Namun tentunya karyawan harus siap menanggung biaya yang dikeluarkan terlebih dahulu.

Jadi, jika ingin mendapatkan penggantian biaya perawatan kesehatan, karyawan direpotkan dengan proses administrasi dan klaim penggantian.

Begitu pun dengan perusahaan yang juga harus melakukan serangkaian pengecekan dan administrasi untuk menyesuaikan kebenaran biaya kesehatan yang telah dikeluarkan karyawan.

Memilih Jaminan Kesehatan Terbaik

Lantas, jaminan kesehatan dengan sistem seperti apa yang terbaik? Pada dasarnya, keputusan terbaik tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Kebutuhan dan preferensi karyawan: Pertimbangkan seberapa penting kemudahan dan kepraktisan bagi karyawan maupun perusahaan
  • Jaringan layanan kesehatan: Pastikan jika memilih sistem jaminan kesehatan cashless, penjamin memiliki jaringan layanan kesehatan yang luas dan mudah diakses oleh karyawan

Blue Card by Klinik Pintar, Jaminan Kesehatan Sistem Cashless dengan Jaringan Layanan Kesehatan yang Luas

Klinik Pintar memahami bahwa setiap perusahaan ingin memberikan akses layanan dan jaminan kesehatan terbaik bagi karyawannya.

Karenanya Corporate Managed Care by Klinik Pintar menghadirkan solusi kesehatan inovatif bagi perusahaan dengan Blue Card.

Blue Card adalah kartu jaminan kesehatan karyawan yang menawarkan kemudahan akses layanan kesehatan berkualitas dengan sistem cashless dan jaringan yang luas.

Blue Card dirancang khusus untuk perusahaan, program ini memberikan jaminan kesehatan bagi karyawan tanpa perlu repot mengurus klaim atau membayar premi bulanan.

Dengan Blue Card Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa:

1. Gratis Keanggotaan: Karyawan tidak perlu membayar biaya keanggotaan atau premi bulanan untuk menikmati layanan Blue Card.

2. Layanan Kesehatan Mudah dan Cashless: Karyawan hanya perlu tunjukkan Blue Card dan KTP saat berobat di jaringan Klinik Pintar, dan biaya pengobatan akan langsung ditagihkan ke perusahaan.

3. Jalur VIP dan Antrean Prioritas: Dengan Blue Card, karyawan bisa mendapatkan akses layanan kesehatan yang lebih cepat dan nyaman dengan jalur VIP dan antrean prioritas.

4. Kualitas Layanan Terstandarisasi: Klinik Pintar memastikan semua jaringan mitranya memberikan layanan kesehatan dengan standar mutu yang tinggi.

5. Jaringan Luas: Anda bisa menikmati layanan Blue Card di Jaringan Klinik Pintar di seluruh Indonesia. Sebagai info, data terbaru per April 2024, Klinik Pintar memiliki jaringan yang terdiri 2200+ Mitra Klinik, 10 Klinik di berbagai Indonesia dikelola langsung oleh Klinik Pintar, tersedia 14 Klinik dalam Perusahaan, dan Klinik Pintar bekerja sama dengan 5000+ dokter umum dan spesialis.

Yuk berikan jaminan kesehatan terbaik untuk karyawan bersama Blue Card!

Jika Anda membutuhkan informasi lanjut mengenai jaminan kesehatan karyawan Blue Card, Anda dapat menghubungi tim Klinik Pintar.

Baca Juga: